The Effect of Jigsaw II Technique on Reading Comprehension of Grade XI Students of MAN 2 Model Palu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik Jigsaw II secara signifikan meningkatkan pemahaman membaca siswa. Populasi penelitian ini adalah kelas XI jurusan IPA MAN 2 Model Palu yang terdiri dari enam kelompok paralel. Penelitian ini menggunakan desain quasi-eksperimen dan memiliki 50 siswa sebagai sampel yang dipilih melalui purposive sampling. XI IPA2 sebagai kelompok eksperimen sebanyak 28 siswa dan XI IPA3 sebagai kelompok kontrol sebanyak 22 siswa. Data diperoleh melalui observasi dan tes yang terdiri dari tes awal dan tes akhir. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik uji-t. Ditemukan bahwa nilai rata-rata dari pemahaman membaca kelompok eksperimen adalah 75.1 lebih besar dari kelompok kontrol, 67.6. Hasil analisis uji-t menggambarkan bahwa dengan derajat kebebasan (dk) 48 (28+22-2) dan level signifikan 0.05, nilai t-hitung, 3.134 lebih tinggi daripada nilai t-table, 2.012. Sehingga, Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh karena itu dapat disimpulankan bahwa teknik Jigsaw II dapat meningkatkan pemahaman membaca pada kelas XI siswa MAN 2 Model Palu secara signifikan.
References
Al-Salmi, M. 2011. Schemata (Background Knowledge) and Reading Comprehension for EFL Students. Research Journal Specific Education. Issue No. 22, 696 -708.
Arikunto, S. 2010. Prosedure Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: RinekaCipta.
Blachowicz, C. and Ogle, D. 2008. Reading Comprehension: Strategy for Independent Learners (2nd Edition). New York. Guilford Press.
Dararat, P. 2011. The Effect of Jigsaw Technique on Reading Comprehension of Mattayom Suksa 1 Students. Copyright 2012 by Srinakharinwirot University(Unpublished Thesis).
Jacob, M. Georgel., 1997. Learning Cooperative Learning Via Cooperative Learning: A Sourcebook of Lesson Plans for Teacher Education on Coopertive Learning. Singapore: SEAMEO Regional Language Center.
Nunan, D. 2005. Practical English Language Teaching: Young Learners. New York. McGraw -Hills Companies.
Slavin, E Rober. 1990. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Englewood Cliffs, New York: Prentice -Hall.
Smith, N., Panton. 1969. The Many Faces of Reading Comprehension. Kansas: International Reading Association conference.
Willis, J. 2008. Teaching the Brain to Read; Strategies for Improving Fluency, Vocabulary, and Comprehension. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development (ASCD)