Exploring Teachers’ Perception on Their Participation in Subject Matter Teacher Group
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi guru yang ikut dalam MGMP di Kota Palu. Untuk melakukannya, delapan sampel terdiri dari enam guru, satu kepala sekolah dan satu ketua MGMP dipilih. Penelitian kualitatif ini menggunakan fenomenologi sebagai dasar pendekatan penelitian. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan interview semi terstruktur secara mendalam untuk mengkaji lebih jauh persepsi guru. Penelitian ini mengindikasikan bahwa partisipan menganggap partisipasi mereka di MGMP berpengaruh besar terhadap kompetensi mereka, terutama kompetensi profesional. Sebagai akibatnya, mereka menganggap bahwa pengajaran mereka lebih baik daripada sebelum mengikuti MGMP dan kemajuan tersebut berpengaruh positif terhadap motivasi siswa dalam proses belajar. Akan tetapi, partisipan mempercayai bahwa partisipasi mereka tidak berdampak terhadap hasil belajar siswa.
References
Amabile, T. M. (1996). Creativity and innovation in organizations (Vol. 5). Boston: Harvard Business School.
Ames, C. (1990). Motivation: What teachers need to know. The Teachers College Record, 91(3), 409–421.
Antony, E. Y. (2006). Kontribusi Pelatihan MGMP dan Motivasi Berprestasi Guru terhadap Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMA Negeri 1 Tahunan Jepara (Master Thesis). Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Anwar, R. (2010). Pengaruh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Profesionalisme dan Kinerja Mengajar Guru SMA Negeri Kota Tasikmalaya (Master Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Archibald, S., Coggshall, J. G., Croft, A., & Goe, L. (2011). High-Quality Professional Development for All Teachers: Effectively Allocating Resources. California: National Comprehensive Center for Teacher Quality.
Arifin. (2011). Kontribusi Kegiatan MGMP Terhadap Kompetensi Profesional Guru dan Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa: Survei terhadap MGMP Bahasa Inggris SMA Negeri di Kota Bandung (Master Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Bailey, C. A. (2007). A Guide to Qualitative Field Research. Thousand Oaks, CA: Pine Forge Press.
Birman, B. F., Desimone, L., Porter, A. C., & Garet, M. S. (2000). Designing professional development that works. Educational Leadership, 57(8), 28–33.
Blank, R. K., las Alas, N. De, & Smith, C. (2008). Does teacher professional development have effects on teaching and learning?: Analysis of evaluation findings from programs for mathematics and science teachers in 14 states. Council of Chief State School Officers.
Darling-Hammond, L., & Richardson, N. (2009). Research review/Teacher learning: what matters. Educational Leadership, 66(5), 46–53.
Directorate General of Teacher Profession. (2008). Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
DuFour, R. (2004). What Is a“ Professional Learning Community”? Educational Leadership, 61(8), 6–11.
Evans, J. L., Meyers, R. G., & Ilfeld, E. M. (2000). Early childhood counts: A programming guide on early childhood care for development. World Bank Publications.