Increasing Vocabulary of Grade IV Pupils of SDN 1 Lumbumamara Through Fun Game
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah membuktikan bahwa penggunaan permainan menyenangkan dapat meningkatkan kosakata pada murid kelas IV SDN 1 Lumbumamara. Penulis menggunakan penelitian tindakan kelas. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Pada siklus satu sampai siklus dua penulis menggunakan permainan gambar sebagai media untuk meningkatkan penguasaan kosakata pada kata kerja dan kata benda. Penulis menggunakan permainan gambar dengan menggunakan kartu yang berisi kosa kata dan memberikan pemahaman kepada murid untuk dapat memahami kata-kata tersebut karena permainan ini adalah pembelajaran yang menyenangkan. Penulis mengarahkan murid untuk melakukan aktivitas menggambar, berpikir, menebak, dan diakhiri dengan tes penguasaan kosa kata. Pada siklus pertama murid yang mendapatkan nilai sesuai standar ketuntasan minimal adalah sejumlah 10 murid atau 58.82% dari total murid yang diteliti. Jumlah ini belum mencapai kriteria sukses penelitian, dimana nilai yang ditetapkan adalah 70%. Penelitian dilanjutkan ke tahapan selanjutnya dan pada siklus kedua jumlah murid yang memperoleh nilai kriteria sukses adalah sebesar 82.35%. Pada siklus dua kriteria sukses penelitian telah didapatkan dan penelitian dihentikan di siklus dua.
References
Alexander, F. 2015, Why is vocabulary so important?, retrieved from:http://www.scholastic.com/teacher s/article/understanding-vocabulary. On July 24th, 2016.
DePorter, Bobby, Reardon, Mark and Nourie, S.S. 2008. Quantum Teaching. Bandung: Mizan Pustaka.
Freeman, D. L. 1985. Techniques and Principles in Language Teaching. Vermont: Oxford University Press.
Lasanov, G. 1975. Desuggestive Teaching Communicative Method on the Level of the Hidden Reserves of the Human Mind. ( USA : The Jounal of the Society for Accelerative Learning and Teaching, 1978).
Marshal, P. 2015. Action Verb Definition. www.K12reader.com./action-verb/ on July 24th, 2016.
Nordquist, R. 2015. Vocabulary. http://grammar.about.com/od/tz/g/vocab term.htm. On July 25th, 2016.
Nunan, D. 1999. Language Teaching Methodology. Macquarie, University Sydney.
O’Brien, E. 2015. English Part of Speech. http//www. English-grammar revolution.com/parts-of-speech.html on July 24th, 2016.
Oktafiya, I.S. 2014. Improving Students’ Vocabulary Mastery through Pictionary game. STAIN. Salatiga.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Thornbury, S. 2007. Elementary Vocabulary. Hongkong: Thomas Nelson and Sons Ltd