Improving Vocabulary Mastery of Grade VII Students at SMP Negeri 19 Palu Through Word Wall
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata kelas tujuh siswa di SMPN 19 Palu melalui word wall. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas dan empat tahap penelitian tindakan kelas; perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Siklus 1 terdiri dari tiga pertemuan dan siklus 2 terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini terdiri dari dua puluh siswa. Untuk mengukur penguasaan kosakata, tes individu diberikan. Kriteria keberhasilan individu adalah 72 dan klasikal 75%. Hasil siklus 1 menunjukkan terdapat 12 (60,00%) siswa berhasil dan 8 (40,00%) siswa gagal. Pada siklus 2 terdapat 16 (80,00%) berhasil dan 4 (20,00%) siswa gagal. Penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya, karena kriteria ketuntasan sudah dicapai. Dengan kata lain bahwa permasalahan kosakata siswa dapat diselesaikan dengan menerapkan word wall
References
Clark, E.V. 1973. Young Learners. Hongkong: Oxford University Press
Copper, Kiger. 2003. Literacy — Helping children construct meaning
(5th ed.). New York: Houghton Mifflin Company.
Doff. 1988. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge: Cambridge University Press
George S. Morison. 1991. Early Childhood Education. New York: Cambridge University Press
Hall and Cunningham. 1999. Word Wall Plus For Second Grade. Greensboro, NC: Carson-Dellosa Publishing. Publishers Mahwah, New Jersey.
Harmer. 1992. The Practice of English Language Teaching, New York: Longman
Harmer. 1998. The importance of Vocabulary Mastery. Longman. New York.
Harmer. 2001. Strategies in Vocabulary Teaching and Learning. Third Edition. Essex: Longman, 2003.
Mc Carthy. 1994. Vocabulary Acquisition. USA: University of Washington.
Mc Millan.2013. Qualitative Research Designs. International Journal. University of Cambridge
Mc Niff. 1992. Action Research and the Professional Learning of Teachers. St John University.
Thomson. 1986. The Effects of Vocabulary. West Virginia University