Improving Reading Comprehension of Grade Xi Students of SMA Negeri 4 Palu Through KWL Strategy
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi KWL dapat memperbaiki pemahaman membaca siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palu dan untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi ini dalam mengaktifkan dan memotivasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental dengan nonequivalent pretest-posttest kelompok kontrol sebagai desainnya. Sampel dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memilih kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas control. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, kuesionner, dan test. Data dianalisa menggunakan statistik uji-t dan metode deskriptif. Berdasarkan hasil test, ditemukan bahwa nilai t-counted (2.08) lebih tinggi dibandingkan nilai t-table (1.998). Nilai rata-rata siswa pada kelas control meningkat dari 68.9 menjadi 80.5 setelah mendapatkan perlakuan. Selanjutnya, penerapan strategi KWL juga secara signifikan mengaktifkan dan memotivasi siswa di dalam kelas. Hal ini didukung oleh hasil dari observasi dan kuestionner. Setelah menganalisa kuestionner secara statistik, ditemukan bahwa nilai t-counted (2.85) lebih tinggi dibandingkan nilai t-table (2.042 dan nilai rata-rata motivasi siswa meningkat dari 31.88 menjadi 33.05. Selanjutnya, hasil dari observasi menunjukkan bahwa sembilan puluh empat persen (94%)siswa berpartisipasi secara aktif selama proses pembelajaran. Berdasarkan hasil test, kuesionner, dan observasi, ditemukan bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Dengan kata lain; (1) Penerapan strategi KWL secara signifikan memperbaiki pemahaman membaca siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Palu, dan (2) Penerapan strategi KWL secara signifikan mengaktifkan dan memotivasi siswa di dalam kelas.
References
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Elliot, A. J. and Covington, M. V. 2001. “Approach and Avoidance Motivation”. Educational Psychology Review, Vol. 13, (2), 73-92.
Gay, L. R. 1996. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. New Jersey: Prentice-Hall.
Glazer, M. S. 1998. “Using KWL folders”. Teaching Diverse Learners. Vol. 29, (4), 106-107.
Harris, L. A. and Smith, C. B. 1986. Reading Instruction, Diagnostic Teaching in the Classroom. New York: Collier MacMillan Publisher.
Heilman, A. W. Blair, T, R. and Rupley, W. H. 1981. Principles and Practices in Teaching Reading. Ohio: Merrill Publishing Company.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayan (Ministry of Education and Culture). 2013. Laporan Capaian Kompetensi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Mohammadi, M. P. and Abidin, M. J. F. 2001. “Test-taking Strategies, Schema Theory and Reading Comprehension Test Performance”. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 1, (18), 237-243. (online) Retrieved: www.ijhssnet.com [December 12, 2012].
Ogle, D. 1986. “K-W-L: A Teaching Model That Develops Active Reading of Expository Text”. The Reading Teacher. Vol. 38, (2), 564-570. (online) Retrieved: http://www.jstor.org/stable/20199156 [May 19, 2013].
Radojevic, N. 2009. Exploring the Use of Effective Learning Strategies to Increase Students’ Reading Comprehension and Test Taking Skills. Ontario: Brock University Press.
Rubin, D. 1982. A Practical Approach to Teaching Reading. New York: CBS College Publishing.
Samaikomsun, P. 2012. The Effect of KWL Plus Technique on Reading Comprehension of Mattayom Suksa III Students at Watratcha-o-rot School. Unpublished Thesis. Bangkok: Srinakharinwirot University.
Szabo, S. 2006. “KWHHL: A Student-Driven Evolution of the KWL”. American Secondary Education. Vol. 34, (3), 57- 67