The Influence of Applying Interview Technique Onskills and Motivation in Speaking of Efl Learners of Business College Palu
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan bahwa penggunaan teknik wawancara dapat mempengaruhi keterampilan dan motivasi berbicara mahasiswa perguruan tinggi bisnis Palu. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimental dengan rancangan non-equivalen kelompok kontrol. Populasi di pilih berdasarkan tujuan untuk menentukan sampel kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur keterampilan mahasiswa berbicara dan kuisioner untuk mengukur motivasi belajar mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan statistik deskriptif dan statistik uji-t. Data yang diperoleh melalui tes di analisa dan di uji statistik melalui SPSS 13.0. Ditemukan bahwa nilai rata-rata dari keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 76.92 lebih besar dari kelompok kontrol, 72.07. Hasil perbandingan melalui uji-t menggambarkan nilai t-hitung = 2.217 > nilai t-table = 2.056. Selanjutnya, untuk motivasi mahasiswa, nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 43 dan kelompok kontrol adalah 38.71. Hasil perbandingan motivasi mahasiswa melalui uji-t menggambarkan nilai t-hitung = 2.433 > nilai t-table = 2.056. Sehingga, Ha di terima dan H0 di tolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik wawancara dapat mempengaruhi keterampilan dan motivasi berbicara mahasiswa perguruan tinggi bisnis Palu
References
Language Classroom. Cambridge:
Cambridge Univarsity Press.
Barker, C.D and Johnson, G. 1998. Interview
Talk as professional Practice.
Language and Education.
Brown, H. D. 2007. Principles of Language
and Teaching (Fifth Edition). New
York: Pearson Education, Inc.
Cherry, K. 2014. What is the Difference
between Extrinsic and Intrinsic
Motivation.
http://psychology.about.com/od/motiva
tion/f/difference-between-extrinsicand-intrinsic-motivation.htm on
November 14th 2015.
Cohen, L. Manion, L. and Morrison, K. 2005.
Research Methods in Education. (Fifth
Edition).London and New York: Taylor
& Francis e-Library.
Cohen, L. Manion, L. and Morrison, K. 2007.
Research Methods in Education.
Routeledge 270 Madison avenue. New
York. NY 10016.
Covington, M.V and Mueller, K. J. 2001.
Intrinsic Versus Extrinsic Motivation.
An Approach/Avoidance
Reformulation. An Article: Educational
Psychology Review, Vol. 13, No. 2,
2001.
Ellis, R. 1997. Second Language Acquisition.
Oxford: Oxford University Press
Heaton, T.B. 1988. Writing English
Language Test. Hongkong: Longman
Group.
Hornby, A.S. 1995. Oxford Advanced
Learner’s Dictionary of Current
Language, Oxford: Oxford University
Press.
Huesbch, J. C. 1986. Communication 2000.
Singapore: Butterworth Publisher (Pty)
Ltd.
Lackman, K. 2010. Teaching Sub-Skill:
Activities for Improving Speaking Skill.
Ken Lackman and Associates:
Educational Consultant.
Patton, M.Q. (1980). Qualitative Evaluation
Methods.Beverly Hills,CA: Sage.
Pintrich, P.R., and Schunk, D.H. 2002.
Motivation in Education: Theory,
Research, and Practice. Englewood
Cliffs: Merrill
Paulstone,and Bruder. 1975. The Problem of
English in Acquiring their Speaking
Fluency.
Richards, J. and Rodgers, T. 1986,
Approaches and Methods in Language
Teaching. Cambridge: Cambridge
University Press.
Rivers, W. M. 1968. Teaching Foreign
Language Skills. New York: The
University of Chicago Press.
Uno, Hamzah B. (2006). Perencanaan
Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Widdowson, H. C. 1985. Teaching Language
as Communication. New York: Oxford
University Press