Applying Contextual Pictures to Develop Students’ Writing Skill at SMA Negeri 1 Buko
Abstract
Penelitian quasi-eksperimental ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi gambar[1]gambar kontekstual terhadap pengembangan kemampuan menulis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Buko. Populasi ini diambil untuk sampel penelitian. Penelitian ini melibatkan 22 siswa pada kelas eksperimen dan 23 siswa pada kelas kontrol yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen utama yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah test. Data dianalisis dengan menggunakan t-test analisis untuk membandingkan skor rata-rata dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor rata-rata 81.8 dari kelas eksperimen lebih besar dari pada skor rata[1]rata 73,5 dari kelas kontrol. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai t-hitung adalah 4.234. Dengan menerapkan tingkat signifikansi 0.05 dan derajat kebebasan (df) 43, nilai t-table adalah 1.681. Dengan demikian, maka Haditerima karena nilai t-counted 4.234lebih besar dari nilai t-tabel 1.681. Ini berarti bahwa ada pengembangan kemampuan menulis pada siswa yang diajarkan dengan menggunakan aplikasi gambar kontekstual. Dapat disimpulkan bahwa penerapan gambar-gambar kontekstual sangat efektif untuk digunakan dalam mengembangkan kemampuan menulis siswa.
References
Day, A.K. 2003.Understanding and Using Context. Seattle: Future Computing Environments Group.
Latief, M. A. 2013. Research Method on Language Learning: An Introduction. Malang: UM Press.
Nunan, D. 2003. Second Language Teaching and Learning. Boston: Heinle & Heinle Publishers.
Schilit, B., Adams, N., & Want, R. 1994. Context - Aware Computing Applications. 1st International Workshop on Mobile Computing Systems and Applications. Santa Cruz: IEEE Network.
Setiawati, R. 2013. Teaching Writing Recount Text to Grade X Students at SMA Negeri 2 Palu through Pictures, Unpublished Thesis. Palu: Universitas Tadulako.
Weigle, S.C. 2002. Assessing Writing. Cambridge: Cambridge University Press