Effect of Using Think-Pair-Share Technique on Speaking Skill and Motivation to Learn English of Grade XI Students at SMA Negeri 5 Palu
Abstract
Penelitian in bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan teknik Berfikir[1]Berpasangan-Berbagi terhadap keterampilan berbicara dan motivasi belajar bahasa Inggris kelas XI siswa SMA Negeri 5 Palu. Metodenya adalah penelitian quasy experimental dengan rancangan non-equivalent kontrol grup desain. Sample penelitian dipilih secara purposive, di mana peneliti secara sengaja memilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes untuk mengukur kemampuan siswa berbicara dan kuisioner untuk mengukur motivasi siswa. Pengumpulan data menggunakan metode deskriptif dan statistik uji-t. Data yang diperoleh melalui tes dianalisis dan diuji statistik melalui SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) 15.0. Berdasarkan analisis data dari kemampuan siswa berbicara dan motivasi siswa. Ditemukan bahwa nilai rata-rata dari keterampilan berbicara kelas eksperimen (73.50) lebih besar dari kelas kontrol (68). Hasil perbandingan melalui uji-t menunjukkan nilai thitung = 3.355 > nilai ttable = 2.002. Selanjutnya, untuk motivasi siswa, nilai rata[1]rata kelompok eksperimen adalah 42 dan kelas kontrol adalah 39.37. Hasil perbandingan motivasi siswa melalui uji-t menunjukkan nilai thitung = 2.362 > nilai ttable = 2.002. Sehingga, Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan kata lain, penggunaan teknik berfikir-berpasangan-berbagi dapat mempengaruhi kemampuan siswa berbicara dan motivasi siswa
References
Huda, M. 2011. Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Jonathan. 2013. Learn English Teens. British council. Retrieved from http://learnenglishteens.britishcouncil. org/exams/speaking-exams/fluency on Oktober 18th 2014.
Lackman, K. 2010. Teaching Sub-Skills: Activities for Improving Speaking Skill. Ken Lackman & Associates.
Luoma, S. 2004. Developing Speaking Tasks in Assessing Speaking. Cambridge: Cambridge University Press.
Lyman, F.T. 1992. Enhancing Thinking through Cooperative Learning. New York: Teachers College Press.
Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakarta. Ghalia Indonesia.
Pintrich, P.R., and Schunk, D.H. 2002. Motivation in Education: Theory, Research, and Practice. Englewood Cliffs: Merrill.
Richard, J and Rodgers, T. 1986. Approaches and Methods in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Ryan, R.M., and Deci, E.J., 2000. Intrinsic and Extrinsic Motivation: The Search for Optimal Motivation and Performance. San Diego: Academic Press.
Thornbury, S. 2006. How to Teach Speaking. New York: Longman