Applying Guided Writing Technique in English Teaching to Develop Ability of Grade X Students at SMKN 2 Palu in Writing Tour Itinerary
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada SMK Negeri 2 Palu. Subyeknya adalah 38 siswa kelas X tahun pelajaran 2012/2013. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah penerapan teknik penulisan terbimbing dapat dengan lebih baik mengembangkan kemampuan menulis siswa kelas X pada sekolah tersebut, termasuk faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan kemampuan menulis. Data dikumpulkan dari observasi, catatan di lapangan, kuesioner, dan tes. Penelitian ini terdiri atas dua siklus. Ada dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini; pertama, siswa harus mendapatkan nilai sama atau lebih dari 75 sebagai nilai individu dan harus dicapai oleh 75% dari keseluruhan jumlah siswa, dan kriteria kedua adalah keterlibatan aktif siswa sama atau lebih dari 75% dari keseluruhan jumlah siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada siklus 1, pencapaian belajar siswa adalah 52,6% (20 dari 38 siswa) mendapatkan nilai 75 atau lebih, dan keterlibatan aktif siswa adalah 71,3%. Hal ini menunjukan bahwa hasil siklus 1 tidak memenuhi ke dua kriteria keberhasilan. Pengembangan dan pencapaian kriteria keberhasilan terjadi dalam siklus 2 yaitu pencapaian belajar siswa sebesar 79% (30 dari 38 siswa) mendapatkan nilai 75 atau lebih, dan keterlibatan aktif siswa adalah 86,7%. Hal ini mengindikasikan bahwa Teknik Penulisan Terbimbing efektif untuk mengembangkan keterampilan siswa dalam menulis Acara Perjalanan Wisata. Oleh karena itu, teknik ini sangat potensial untuk diterapkan dalam kelas kemampuan menulis.
References
Englert, C.S., & Dunsmore, K. 2002. A diversity of teaching and learning paths: Teaching writing in situated activity. In J. Brophy (Ed.), Social constructivist teaching: Affordances and constraints (pp. 81–130). Amsterdam: JAI Press.
Harahap, N. 1992. Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.
Haryono, J. 2008. Menyusun Tour Itinerary. Bandung: Balai Pendidikan dan Pelatihan Pariwisata.
Kemmis, S and Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Lori D. Oczkus. 2009. Writing primary. Through . [10/10/12]
Lori D. Oczkus. 2007. Guided Writing: Practical Ideas, Powerful Result. Portsmouth: Heinemann
Murcia and Mc. Intosh, 1978. Teaching English as a Foreign Language. Newbury House.
O’Malley, J.M & Pierce, L.V. 1996. Authentic Assessment for English Language Learners: Practical Approaches for Teachers. Massachusetts: Addison Wesley Publishing Company.
Onozawa, Chieko. 2010. A Suggestion for an Eclectic Writing Approach. A Study of the Process Writing Approach, 10.
SMK Negeri 2 Palu.2009. Kurikulum SMK Negeri 2 Palu. Palu.
Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susan Hill. 1999. Guided Writing: Way to write. Through . [12/10/12]
Tata Nuriata. 1991. Tour Operation. Bandung: Balai Pendidikan dan Pelatihan Pariwisata.
Tompkins. 1994. Oczkus, Lori, Z. 2007.Guided Writing: Practical Ideas, Powerful Result. Portsmouth: Heinemann.
Wikitravel.2010. Tourism Boost. Through [02/24/13]