Applying Inductive Method to Improve the Ability in Using Suffix –Ing Of Grade XI Students of MAN 1 Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode induktif pada siswa dalam menggunakan akhiran -ing. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 PALU, kelompok eksperimen dan control masing-masing berjumlah 25 siswa. Selanjutnya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian desain kuasi-eksperimental-nonequivalent kelompok control dan diterapkan selama 8 kali pertemuan. Variabel penelitian ini adalah metode induktif dan kemampuan siswa dalam menggunakan akhiran -ing. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 and IPS 3, dipilih melalui purposive sampling teknik. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti membuktikan bahwa penerapan metode induktif telah mengatasi masalah siswa. Metode ini mempengaruhi perhatian, pemahaman, dan prestasi mereka. Ditemukan bahwa pertama, ada 18 siswa atau sekitar 72% yang termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Kedua, nilai 6.5 lebih tinggi daripada (2.012). Ini berarti bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode induktif dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam menggunak anakhiran –ing kelas XI di MAN 1 PALU.
References
Al-Juboury, N. 2011.Rubric.Journal of College of Education for Women. Vol. 22, (2), 360-371. (online) Retrieved on: http://aei.uoregon.edu/de/iraq/index.ht ml [January 22, 2015]
Arikunto, S. 2010. ProsedurPenelitian.SuatuPendekatanP raktek (EdisiRevisi VI). Jakarta: PT RinekaCipta.
Azar, B.S. 2002. Understanding and Using English Grammar 3rdEdition.New Jersey: Longman.
Burden, P.R and Byrd, D.M. 2010.Methods for Effective Teaching 5th Edition. Boston: Allynand Bacon.
Chalipa, S. (2013). The Effect of Inductive vs. Deductive Instructional Approach in Grammar Learning of EFL Learners. Deccan International Journal of Advanced Research Studies. Vol. 1, (1), 76-90.
Hewings, M. 1999. Advance Grammar in Use. Cambridge: Cambridge University Press.
Marcel, C. 1853. “A Neglected Applied Linguistic”. Journal of Language and History. Vol. 52, (2), 171-181.
Plag, I. 2002. Word Formation in English. Cambridge: Cambridge University Press.
Sargeant, H. 2007. Basic English Grammar.New York: Saddleback Educational Publishing.
Slavich, G, and Zimbardo, P. (2012). Transformational teaching; Theoretical underpinnings, basic principles of inductive method. Educational Psychology Review. Vol. 24 (4), 569- 608.
Thornbury, S. 1999. How to Teach Grammar. London: Longman.
Yuen, H.Y. (2009). Effects of Inductive and Deductive Teaching on Grammar Accuracy in Writing. New Haven: Yale University Press