Overcoming Students’ Speaking Anxiety in Efl Classroom Through Role Play Technique at Stikes Widya Nusantara Palu
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan bagaimana teknik Role Play dapat mengatasi kecemasan siswa dalam berbahasa di dalam kelas EFL di kampus Stikes Widya Nusantara Palu. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pengajaran dosen dan pencapaian belajar Bahasa Inggris mahasiwa di dalam kelas. Penelitian ini terdiri dari satu siklus. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester 3 program studi keperawatan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 47 orang mahasiswa. Instrument penelitian ini menggunakan observation checklist, field notes, questionairre items, test dan kamera. Data yang diperoleh diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh dari observation checklist dan field notes diolah secara kualitatif, dan sebaliknya, data yang diperoleh dari test dan questionnaire items diolah secara kuantitatif. Kriteria kesuksesan untuk pencapaian individu adalah 69 dan pencapaian kelas adalah 60%. Dari hasil penelitian diperoleh 41 mahasiswa (87,33%) telah berada pada tingkat kecemasan rendah. Hasil ini didukung dengan pencapaian tets lisan yang menunjukkan 41 orang mahasiswa (80,85%) berhasil lolos mengikuti tes. Setelah seluruh data yang diperoleh diolah dan di analisis, dapat disimpulkan bahwa teknik Role Play mampu mengatasi Kecemasan Siswa dalam Berbicara di Dalam Kelas EFL Melalui Teknik Role Play di Stikes Widya Nusantara Palu
References
Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. San Fransisco, Longman: State University.
Doff, Adrian. 1988. Teach English: A Training Course for teachers trainers’ Handbook. Cambridge: Cambridge University Press Inc.
Harahap, N. 1992. Teknik Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Bulan Bintang.
Harmer, J. 1998. How to Teach Language: An Introduction to Practice of English Language Teaching. Addison Wesley Longman limited. Retrieved from (Http://www.teaching English.org.uk.think/speak/role play.Shtml).
Heaton, J.B. 1988. Writing English Language. New York: London Group Limited.
Horwitz. E. K. 1986. Foreign Language Classroom Classroom Anxiety. Retrieved from http://www.studyabroad.purdue.edu/Res ource/InterculturalLearning/ForeignLan guageAnxietyScale.pdf
Lanerfeldt, M. 1992. Talangsan, Barns Tal Och Spraksvarihheter. Lund: Sudentliteratur.
Liubov. 2009. Humanising Language Teaching. Russian Federation. Retrieved from http://www.hltmag.co.uk/aug09/Sart07. htm.
Livingstone, C. 1983. Role Play in Language Learning. Burnt Mill: Longman Group Limited.
Richards, D.C. 2008. Teaching Listening and Speaking from Theory to Practice. Camridge: Camridge University Press.
Tobias, S. 1986. Anxiety and Cognitive Processing of Instruction. Retrieved from http://www.studyabroad.purdue.edu/Res ource/InterculturalLearning/ForeignLan guageAnxietyScale.pdf
Ur, Penny. 1996. A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.