Improving Reading Comprehension on Narrative Text to Grade Xi Students of MA Muhammadiyah Palu Through Video
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki pemahaman siswa terhadap bacaan teks jenis naratif. Sebelumnya, peneliti menemukan masalah pada sikap siswa dalam membaca teks jenis naratif; nilai sebagian siswa masih rendah pada teks jenis ini. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif menggunakan video dengan teks sebagai media untuk memperbaiki pemahaman membaca siswa kelas XI MA Muhammadiyah Palu pada teks naratif. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketika 80% dari siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥ 75. Pada siklus pertama terdapat 68.18% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal ≥75. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan sikap siswa terhadap pembelajaran dan hasil tes menunjukkan persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal adalah 86.36%, artinya hasil pembelajaran telah melewati kriteria sukses penelitian. Kesimpulannya, menggunakan video dengan teks dalam mengajar meningkatkan pemahaman siswa terhadap teks naratif.
References
Thinking and learning about print.
Cambridge, MA: Massachusetts
Institute ofTechnology Press.
Anderson, M. and Anderson, K. 1997.Text
Types in English 2. South Yarra:
Australia, MacMillan Education.
Denning, S. 2000.The Springboard: How
Storytelling Ignites Action in
Knowledge-Era Organizations. Boston,
London, Butterworth Heinemann,
October 2000.
Hollingsworth, A. 2007. Increasing Reading
Comprehension through Cooperative
Learning. Chicago: Illinois.
Ismaili, Merita. 2013. The Effectiveness of
Using Movies in the EFL Classroom –
A Study Conducted at South East
European University. Academic
Journal of Interdisciplinary Studies,
121- 132
Klinger K.Janette, Sharon Vaughn, and
Alison Boardman.2007. Teaching
Reading Comprehension to Students
with Learning Difficulties. New York:
The Guilford Press.
Kragler, S. (1995). The transition from oral
to silent reading. Reading Psychology:
An International Quarterly, 16, 395-
408.
Mc Shane, Susan. 2005. Applying Research
in Reading Instructions for Adults:
Second Step for Teachers. National
Center for Family Literacy
Nurizmawati, Chalifatun. 2014. The Use of
Animation Video as a Media in
Teaching Narrative Text. Pontianak:
English Education Study Program,
Language and Arts Education
Department Pontianak
Pikulski, John J., & Chard, David J.,. 2003.
Fluency: The Bridge from Decoding to
Reading Comprehension. Houghton
Mifflin Company.
Pressley, M., & Afflerbach, P. 1995. Verbal
protocols of reading: The nature of
constructively responsive reading.
Hillsdale, NJ: Erlbaum.
Sadiman. A.S. (1996). Media Pendidikan:
Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raya
Grafindo Persada.
Smaldino, Sharon E, James D. Russel, and
Deborah L. Lowter. 2011. Instructional
Technology and Media for Learning.
Jakarta: Kencana Prenada Group.
Taylor, B. M. 1982. A summarizing strategy
to improve middle grade students’
reading and writing skills. The Reading
Teacher, 36, 202–205.
Taylor, E. Standofr. 2011. Exploring Silent
Reading Fluency. Its Nature and
Development. Charles C. Thomas.
Publisher, Ltd. Illinois.
Yassaei, Shahla. 2012. Using Original Video
and Sound Effects to Teach English.
English Teaching Forum