Using Comics in Improving the Ability of Grade X Students of SMA Negeri 4 Palu in Writing Narrative Text
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan komik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental. Sehingga, terdapat dua kelas yang diberikan tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 170 siswa dan sampelnya adalah kelas X IIS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 yang berjumlah 33 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah test. Data dianalisa menggunakan metode statistik uji-t untuk mengetahuin perbedaan signifikan dari pencapaian siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil test, nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 73.11, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 63.22. Hasil perbandingan nilai rata-rata melalui uji-t dengan mengaplikasikan perbandingan level 0.05 dan derajat kebebasan 62 (64-2) ditemukan bahwa nilai t-hitung (3.48) lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel (1.999). Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Dengan kata lain, penggunaan komik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif
References
Macmillan Education Australia PTY
Ltd.
Anderson M., and Anderson K., 1997. Text
Types in English 2. South Yarra:
Macmilan.
Gay, L. R. 1996. Educational Research:
Competencies for Analysis and
Application. New Jersey: Prentice-Hall.
Harmer, J. 2004. How to Teach English.
Malaysia: Longman Limited.
Hogue, A. 1995. First Steps in Academic
Writing. New York: Longman Press.
Lawrence, M. S. 1972. Writing as a Thinking
Process. Michigan: University of
Michigan Press.
Morrison, T. G., Bryan, G., and Chilcoat,
G. W., 2002. Using Student-generated
Comic Books in the Classroom. Journal
of Adolescent and Adult Literacy.
Murcia, M. C. 2001. Teaching English as a
Second or Language Foreign. Heinle &
Heinle Thomson Learning: Singapore.
Oshima, A., & Hogue, A., Introduction to
Academic Writing, New York: Pearson
Education.
Pharr, D., & Buscemi, S. V., Writing Today:
Contexts and Options for the Real
Word, New York: The McGraw HillCompanies.
Raimes. A. 1983. Techniques in Teaching
Writing.New York: Oxford University.
Sabay, N. C. 2006. Using Comic Strip in
Language Classes. English Teaching
Forum Volume 44 Number 1