Using Comics in Improving the Ability of Grade X Students of SMA Negeri 4 Palu in Writing Narrative Text

  • Nurul Wahyuni Faradila Universitas Tadulako
  • Sriati Usman Universitas Tadulako
  • Ferry Rita Universitas Tadulako
Keywords: Meningkatkan, Kemampuan Menulis, Teks Naratif, Komik

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan komik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi-eksperimental. Sehingga, terdapat dua kelas yang diberikan tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Ilmu Ilmu Sosial (IIS) SMA Negeri 4 Palu yang berjumlah 170 siswa dan sampelnya adalah kelas X IIS 1 yang berjumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 yang berjumlah 33 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah test. Data dianalisa menggunakan metode statistik uji-t untuk mengetahuin perbedaan signifikan dari pencapaian siswa di kelas eksperimen dan kontrol. Berdasarkan hasil test, nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen adalah 73.11, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas kontrol adalah 63.22. Hasil perbandingan nilai rata-rata melalui uji-t dengan mengaplikasikan perbandingan level 0.05 dan derajat kebebasan 62 (64-2) ditemukan bahwa nilai t-hitung (3.48) lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel (1.999). Hasil dari uji-t menunjukkan bahwa hipotesa alternatif (Ha) diterima dan hipotesa nol (Ho) ditolak. Dengan kata lain, penggunaan komik dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas X di SMA Negeri 4 Palu dalam menulis teks naratif

Author Biographies

Nurul Wahyuni Faradila, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Sriati Usman, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Ferry Rita, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Anderson M. 2003. Text Types in English.
Macmillan Education Australia PTY
Ltd.
Anderson M., and Anderson K., 1997. Text
Types in English 2. South Yarra:
Macmilan.
Gay, L. R. 1996. Educational Research:
Competencies for Analysis and
Application. New Jersey: Prentice-Hall.
Harmer, J. 2004. How to Teach English.
Malaysia: Longman Limited.
Hogue, A. 1995. First Steps in Academic
Writing. New York: Longman Press.
Lawrence, M. S. 1972. Writing as a Thinking
Process. Michigan: University of
Michigan Press.
Morrison, T. G., Bryan, G., and Chilcoat,
G. W., 2002. Using Student-generated
Comic Books in the Classroom. Journal
of Adolescent and Adult Literacy.
Murcia, M. C. 2001. Teaching English as a
Second or Language Foreign. Heinle &
Heinle Thomson Learning: Singapore.
Oshima, A., & Hogue, A., Introduction to
Academic Writing, New York: Pearson
Education.
Pharr, D., & Buscemi, S. V., Writing Today:
Contexts and Options for the Real
Word, New York: The McGraw HillCompanies.
Raimes. A. 1983. Techniques in Teaching
Writing.New York: Oxford University.
Sabay, N. C. 2006. Using Comic Strip in
Language Classes. English Teaching
Forum Volume 44 Number 1
Published
2024-12-06
How to Cite
FaradilaN., UsmanS., & RitaF. (2024). Using Comics in Improving the Ability of Grade X Students of SMA Negeri 4 Palu in Writing Narrative Text. Bahasantodea, 5(1), 106-113. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/858
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)