Implementing Word-Coloring Media in Increasing English Vocabulary and Learning Motivation of the Year Five Pupils of SDN 27 Palu

  • Darmawati Darmawati Universitas Tadulako
  • Hasan Basri Universitas Tadulako
  • Asri Hente Universitas Tadulako
Keywords: i Mewarnai kata, kosakata, Motivasi belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh penerapan media mewarnai kata dalam meningkatkan kosakata bahasa Inggris dan motivasi belajar murid SDN 27 Palu. Sampel penelitian kuasi eksperimen ini terdiri dari murid SDN 27 Palu diantaranya 30 siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VB sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih secara acak Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes objektif dalam mengukur pengetahuan murid tentang kosakata bahasa Inggris dan pernyataan kuesioner untuk mengukur motivasi murid dalam pengaplikasian mewarnai kata. Data penelitian ini menggunakan rumus independent t-test, dengan mengaplikasikan derajat kebebasan (df) = 58 (30+30-2) dengan taraf signifikan 0.05 dipeoleh hasil t-table 2.002. Analisis data mengindikasikan bahwa nilai rata[1]rata untuk kelas eksperimen telah meningkat dari 61,00 di pretest sampai 78.56 di posttest. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa adanya peningkatan kosakata bahasa Inggris murid setelah diaplikasikan perlakuan tersebut. Selanjutnya, perhitungan data dengan mengaplikasikan independent t-test menunjukkan bahwa nilai thitung 5,630 lebih besar dari ttabel 2.002. Data membuktikan bahwa implementasi mewarnai kata mempunyai pengaruh pada kosakata bahasa Inggris murid. Hasil terakhir yang juga dianalisa adalah nilai rata-rata motivasi siswa yang diajarkan melalui media mewarnai kata 105.53 lebih besar dari siswa yang tidak diajarkan 94.17. Perhitungan data kuesioner juga mengindikasikan bahwa nilai thitung 4.16 lebih besar dari ttabel 2.002. Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada motivasi belajar murid yang diajarkan dengan media mewarnai kata dan murid yang tidak diajarkan dengan media mewarnai kata. Kedua perhitungan tes dan kuesioner membuktikan bahwa Ha pada penelitian ini diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, penerapan media mewarnai kata dapat meningkatkan pemahaman baca dan motivasi belajar murid.

Author Biographies

Darmawati Darmawati, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Hasan Basri, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Asri Hente, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Al Mahdali, Syarifah Nazira. 2015, Method
of Teaching: Suggestopedia Method.
http//syarifahalmahdi.blogspotcom/2013/06/suggestopediamethod.html on Desember 28th, 2015
Alber, Rebecca. 2015, Tips for Teaching
Vocabulary, http/www.
Edutopia.org/blog/vicabulary-inst. On
Desember 28th, 2015
Alexander, Francie. 2015, Why is vocabulary
so important?, retrieved from:
http://www.scholastic.com/teachers/arti
cle/understanding-vocabulary. On
Desember 28th, 2015.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur
Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik.
Jakarta: Rineka Cipta
Babble, Hanguk. 2015. Parts of Speech,
https://jreidy17.wordpress.com/referen
ce/grammar/parts-of-speech/. On
Desember 25th, 2015
Beare, Kenneth, 2013. Using Colored Pens
as Teaching Aid.
http.esl.about.com/od/grammar
lessons/a/coloredpens.htm. on October
8
th, 2013
Best, John.W, 1981. Research in Education
Fourth Edition. New Jersey: Prentice
Hall Inc, Engleewood Cliffs.
Department
Cebollerro, Chris, 2015. 2 types of motivation
explained, https://www.ems1.com/emsmanagement/articles/1890181-2-typesof-motivation-explained/. On
Desember 20th, 2015.
Cherry, Khendra, 2015, Extrintics
motivation,
http://psychology.about.com/od/eindex/
f/extrinsic-motivation.htm. On
Desember 21st, 2015.
Cherry, Khendra, 2016. What is a Variable,
http.www.about.com on Desember
20th, 2015.
Cherry,Khendra, 2016. Definiton of
motivation,
http://psychology.about.com/od/minde
x/g/motivation-definition.htm. On
Desember 26th, 2015.
Darmawati, 2014. Increasing Vocabulary
Mastery of the year five pupils of SDN
Inp. 5 Lolu by the implementation of
word-coloring media. Palu,
Muhammadiyah University
Decy and Ryan, 2000. Intrinsic vs Extrinsic
Motivation.
http://userpages.umbc.edu/~koconne1/
605TheAdultLearner/ivse.htm. On
December 20th, 2016
DePorter, Bobby, Reardon, Mark and
Nourie, Sarah Singer, 2000. Quantum
Teaching. Bandung: Mizan Pustaka
Dewi, Ida Kusuma. Djatmika. Priyanto Agus
Dwi, 2012. Active English a Fun and
Easy Englistduh Book. Solo. Global
Dweck, Carol, 2015. How Can Teachers
Develop Students' Motivation -- and
Success? retrieved from:
http://www.educationworld.com/a_issu
es/chat/chat010.shtml.
Published
2024-12-06
How to Cite
DarmawatiD., BasriH., & HenteA. (2024). Implementing Word-Coloring Media in Increasing English Vocabulary and Learning Motivation of the Year Five Pupils of SDN 27 Palu. Bahasantodea, 4(4), 85-93. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/841
Section
Articles