Applying Autonomous Learning to Develop Students’ Writing Skill

  • Marzuki Marzuki Universitas Tadulako
  • Konder Manurung Universitas Tadulako
  • Asri Hente Universitas Tadulako
Keywords: Penerapan, Belajar Mandiri, Keterampilan Menulis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa khususnya dalam mengorganisasi ide dengan menerapkan belajar mandiri. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tahun ke-dua Jurusan Bahasa Inggris Universita Madako yang terdiri dari 23 mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari, perencanaan, penerapan, observasi, dan refleksi. Kriteria keberhasilan adalah ≥80% jumlah mahasiswa harus mencapai ≥65. Siklus pertama menunjukkan bahwa kurang dari 80% mahasiswa yang mencapai kriteria; oleh karena itu perbaikan perencanaan untuk siklus ke 2 dilakukan. Hasil siklus ke 2 menunjukkan bahwa lebih dari 80% mahasiswa memperoleh skor ≥65 dan oleh sebab itu siklus di hentikan karena kriteria ketuntasan telah dicapai dan itu berarti bahwa penerapan beljar mandiri effektif untuk mengembangkan keterampilan menulis mahasiswa.

Author Biographies

Marzuki Marzuki, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Tadulako)
2 (Dosen Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris P

Konder Manurung, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Asri Hente, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Dam, L. 2010. Developing Learner Autonomy with Adult Immigrants. Oxford, UK: Peter Lang.
Dickinson, L. 1995. Autonomy and Motivation: A literature review. System,Volume 23/2
Heaton, J.B. 1990. Classroom Testing. Harlow: Longman.
Heaton, J.B. 1988. Writing English Language Test. New York: Longman
Hongue, Ann. 2008. First Step in Academic Writing: Second Edition. Pearson Education: New York
Kweldju, S. 2000. Developing a Model of Writing Instruction for Improving English Departement Students’ Stylistic English. Jurnal Penelitian Kependidikan. Volume 1 No. 11. State University of Malang.
Little, D. 2007. Language Learning Autonomy: Some fundamental considerations revisited. Innovation in Language Learning and Teaching Journal, Volume 1 No. 1
Manurung, Konder. 2005. Instructing Language Learning Strategy to Promote Autonomous Learning. Indonesin Journal English Language Teaching. Vol/1. No. 2
Oshima, Alice and Ann Hogue. 2006. Writing Academic English: Fourth Edition. Pearson Education: New York
Richard and Renandya. 2002. Methodology in Language Teaching. USA: Cambridge University Press.
Published
2024-12-04
How to Cite
MarzukiM., ManurungK., & HenteA. (2024). Applying Autonomous Learning to Develop Students’ Writing Skill. Bahasantodea, 3(2), 94-100. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/757
Section
Articles