The Implementation of Scanning Technique in Improving Reading Comprehension and Motivation of Grade VIII Students at MTS Muhammadiyah Nunu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh implementasi teknik pindai dalam mengembangkan pemahaman bacaan dan motivasi siswa MTs Muhammadiyah Nunu kelas VIII. Sampel penelitian kuasi eksperimen ini terdiri dari siswa MTS Muhammadiyah Nunu diantaranya 18 siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan 16 siswa kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih secara purposif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes bacaan dalam bentuk esai untuk mengukur pemahaman siswa dalam membaca dan pernyataan kuesioner untuk mengukur motivasi siswa terhadap pengaplikasian teknik pindai. Data penelitian tersebut menggunakan rumus independent t-test dengan mengaplikasikan derajat kebebasan (df) = 32 (18+16-2) dengan taraf signifikan 0.05. Hasil dari analisis data mengindikasikan bahwa nilai rata-rata untuk kelas eksperimen telah meningkat dari 60 di pretest sampai 79 di posttest. Hasil tersebut membuktikan bahwa adanya perbedaan signifikan pada pemahaman baca siswa setelah diaplikasikan perlakuan tersebut. Selanjutnya, perhitungan data dengan mengaplikasikan independent t-test menunjukkan bahwa nilai thitung 6.44 lebih besar dari ttabel 2.037. Data tersebut menjelaskan bahwa implementasi teknik pindai mempunyai pengaruh pada pemahaman baca siswa. Hasil terakhir yang juga dianalisa adalah nilai rata-rata motivasi siswa yang diajarkan teknik pindai 73 lebih besar dari siswa yang tidak diajarkan teknik 68. Perhitungan data kuesioner juga mengindikasikan bahwa nilai thitung 2.33 lebih besar dari ttabel 2.037. Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada motivasi siswa yang diajarkan dengan teknik pindai dan siswa yang tidak diajarkan dengan teknik pindai. Kedua perhitungan tes dan kuesioner membuktikan bahwa Ha pada penelitian ini diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, implementasi teknik pindai dapat meningkatkan pemahaman baca dan motivasi siswa
References
Beale, A. M. 2007. Skimming And Scanning: Two Important Strategies For Speeding Up Your Reading. Published by Thomson/Cengage. Web. February 4, 2013. http://www.howtolearn.com
Best, J. W. 2006. Research in Education. Englewood Cliff, New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Brown, H. D. 2001. Teaching by Principles. America: San Fransisco State University.
Carol, S. and Judith, H. 2000. Intrinsic and Extrinsic Motivation.The search for optimal motivation and performance. New Jersey: Academic Press.
Casey, K. 2003. The Do’s and Don’t’s for Improving Reading Comprehension. April, 10, 2009. http://iteslj.org/technique.html.
Cherry, K. 2014. The Business Students’ Handbook. Learning Skill for Study and Employment. Edinburh. Ashford Colour Press. Ltd.
Gebhard, J. G. 1981. Teaching English as a foreign or Second Language. A Teacher Self-Development and Methodology Guide.Michigan: The University of Michigan Press.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006.
Ryan, R.M., and Deci, E.L. 2000. Intrinsic and Extrinsic Motivation: Classic Definitions and New Directions. Contemporary Educational Psychology, 25, pp. 54-67. Academic Press, New York.
Sardiman, A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Grafindo.
Uno, Hamzah B. (2006). Perencanaan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Vaezi, M. 2006. Theories of Reading. 23rd March, 2006. Language Institute Language Teaching Journal Vol.1 no 1 Spring 2005. Iran