Improving the Ability and Motivation in Writing Procedure Text of the Eleventh Grade Students of SMA Negeri 4 Palu Through Brainstorming Technique
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan penerapan teknik curah pendapat dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dan mengetahui bagaimana penerapan teknik ini memotivasi siswa dalam menulis teks prosedur. Penelitian ini menerapkan desain kuasi eksperimental dengan nonequivalent pretest-posttest kelompok kontrol sebagai desainnya. Sampel dari penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Peneliti memilih kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 sebagai kontrol kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes. Data dikumpulkan dan dianalisa dengan menggunakan statistik uji-t dan metode deskriptif. Nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 81.7, sedangkan nilai rata-rata dari kelas kontrol adalah 70.7, dengan menerapkan uji-t, ditemukan perbandingan yang menunjukkan bahwa nilai t-hitung (2.74) lebih tinggi dibandingkan nilai t-tabel (1.998). Dengan kata lain, nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen meningkat dari 55.9 ke 81.7. Penerapan teknik curah pendapat juga meningkatkan motivasi siswa dalam menulis teks prosedur. Hal ini dibuktikan dengan hasil kuesioner. Ditemukan bahwa nilai t-hitung (3.20) lebih tinggi dari nilai t-tabel (2.042). Nilai rata-rata motivasi siswa meningkat dari 73.0 ke 79.9. Hasil dari tes dan kuesioner menunjukkan bahwa hipotesa alternative (Ha) diterima dan hipotesa nol (H0) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa penerapan teknik curah pendapat efektif dalam meningkatkan kemampuan dan memotivasi siswa dalam menulis teks prosedur.
References
Blanchard, K & Root, C. (2003). Ready to Write: A First Composition Text. (Third Edition). New York: Pearson Education, Inc..
Harmer, J. (1998). How to Teach English. Harlow: Longman. _________ (2004). How to teach writing. England: Pearson Education Limited.
Raimes, Ann. (1983). Techniques in Teaching Writing. Oxford University Press.
Ramelan. (1994). Introduction to Linguistic Analysis. Semarang: IKIP Semarang Press.
Richards, J. C, and Renadya W. A. (2002). Methodology in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta.
Sudarwati, M.Th and Grace, E. (2006). Look Ahwad An English Course for Senior High Students Year XI. Jakarta: Erlangga.
Turbil, J. (2004). Guided Writing. Tasmania: University of Wolloging.
Ur, P. 1993. A Course in Language Teaching. Cambridge University Press.
Zemach E.D. (2005). Academic Writing: from paragraph to essay. Spain. Macmillan Publishers Limited