Improving Reading Comprehension of Grade VII Students at SMP Satu Atap Negeri 2 Parigi Selatan Through Cooperative Learning
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi perbaikan pemahaman bacaan bagi siswa kelas VII SMP Satu Atap Negeri 2 Parigi Selatan melalui Pembelajaran Kooperatif. Subyeknya adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 17 orang. Ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Datanya dikumpulkan melalui tes, leambar observasi dan catatan lapangan. Temuannya menunjukkan bahwa siswa sangat termotivasi dan aktif berpartisipasi dalam kegiatan kelas, sehingga pembelajaran Kooperatif itu efektif diterapkan dalam memperbaiki pemahaman bacaan siswa. Pada siklus pertama, 10 dari 17 siswa dengan presentase 58,82% berhasil mencapai kriteria ketuntasan. Pada siklus kedua, 14 dari 17 siswa dengan presentase 82,35% berhasil mencapai kriteria ketuntasan. Ini berarti bahwa pencapaian kelas adalah 82.35% berdasarkan pada jumlah siswa yang mempeoleh nilai minimal 65 sebagai kriteria ketuntasan. Pencapain kelas dan pencapaian individu keduanya sudah memenuhi kriteria ketuntasan. Penelitian ini dihentikan pada siklus kedua. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa aplikasi Pembelajaran Kooperatif efektif untuk memperbaiki pemahaman bacaan siswa.
References
Gillies, R. 2003b. Structuring cooperative group work in classrooms. InternationalJournal of Educational Research, 39, 35e49.
Gillies, Robyn M. and Boyle, Michael. 2009. Teacher’s Reflections on Cooperative Learning:Issuess of Implementation. School of Education,The University of Queensland, Brisbane,Australia
Harmer, J. 2003.The Practice of English Language Teaching (3rd Ed.).New York: Longman.
Johnson, D. W., & Johnson, R.T. 1998. Learning together and alone: Cooperative,competitive,and individualistic learning (5th Ed.)Boston:Ally & Bacon.
Jones, Karrie A. and Jones Jennifer L. 2008. Making Cooperative Learning Work in the College Classroom: An Application of the ‘Five Pillars’ of Cooperative Learning to Post Secondary Instruction. Niagara University,New York
Kemmis, S. and McTaggart, R. 1988. The Action Research Planner.Third Edition.Victoria: Deakin University.
Li, M.P., & Lam, B.H. 2013. The Active Classroom .The Hongkong Institute of Education. WWW.led.edu.hk/aclass/
Royer, James Mike,Ph.D. 2004-2006. Reading Succes Lab.University of Massachusetts.