Exploring Teachers’ Perception on Their Participation Participation in Subject Matter Teacher Group

  • Abdul Rahman Universitas Tadulako
  • Hasan Basri Universitas Tadulako
  • Mochtar Marhum Universitas Tadulako
Keywords: mengeksplorasi, persepsi guru, partisipasi, Musyawarah Guru Mata Pelajaran

Abstract

Mengeksplorasi Persepsi Guru terhadap Keikutsertaan Mereka dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran. Pemerintah telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan kompetensi guru seperti memfasilitasi forum MGMP. Akan tetapi, hanya sedikit penelitian dilakukan dalam mengkaji dampak partisipasi guru terhadap kompetensi guru, pembelajaran dan capaian siswa. Oleh karenanya, penelitian ini bertujuan mengetahui persepsi guru yang ikut dalam MGMP di kota Palu. Untuk melakukannya, delapan sampel terdiri dari enam guru, satu kepala sekolah dan satu ketua MGMP dipilih. Penelitian kualitatif ini menggunakan fenomenologi sebagai dasar pendekatan penelitian. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan interview semi terstruktur secara mendalam untuk mengkaji lebih jauh persepsi guru. Penelitian ini mengindikasikan bahwa partisipan menganggap partisipasi mereka di MGMP berpengaruh besar terhadap kompetensi mereka, terutama kompetensi profesional. Sebagai akibatnya, mereka menganggap bahwa pengajaran mereka lebih baik daripada sebelum mengikuti MGMP dan kemajuan tersebut berpengaruh positif terhadap motivasi siswa dalam proses belajar. Akan tetapi, partisipan mempercayai bahwa partisipasi mereka tidak berdampak terhadap hasil belajar siswa.

Author Biographies

Abdul Rahman, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Hasan Basri, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Mochtar Marhum, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Achmad, A. (2004). Pemberdayaan MGMP,
Sebuah Keniscayaan. Retrieved from
http://re-searchengines.com/art05-14.html
[22/10/2013]
Amabile, T. M. (1996). Creativity and
innovation in organizations (Vol. 5). Boston:
Harvard Business School.
Ames, C. (1990). Motivation: What teachers
need to know. The Teachers College Record,
91(3), 409–421.
Antony, E. Y. (2006). Kontribusi Pelatihan
MGMP dan Motivasi Berprestasi Guru
terhadap Kemampuan Guru dalam
Pembelajaran Kurikulum Berbasis
Kompetensi di SMA Negeri 1 Tahunan
Jepara (Master Thesis). Universitas
Muhammadiyah, Surakarta.
Anwar, R. (2010). Pengaruh Musyawarah Guru
Mata Pelajaran (MGMP) terhadap
Peningkatan Profesionalisme dan Kinerja
Mengajar Guru SMA Negeri Kota
Tasikmalaya (Master Thesis). Universitas
Pendidikan Indonesia, Bandung.
Archibald, S., Coggshall, J. G., Croft, A., &
Goe, L. (2011). High-Quality Professional
Development for All Teachers: Effectively
Allocating Resources. California: National
Comprehensive Center for Teacher Quality.
Arifin. (2011). Kontribusi Kegiatan MGMP
Terhadap Kompetensi Profesional Guru dan
Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar
Siswa: Survei terhadap MGMP Bahasa
Inggris SMA Negeri di Kota Bandung
(Master Thesis). Universitas Pendidikan
Indonesia, Bandung.
Bailey, C. A. (2007). A Guide to Qualitative
Field Research. Thousand Oaks, CA: Pine
Forge Press.
Birman, B. F., Desimone, L., Porter, A. C., &
Garet, M. S. (2000). Designing professional
development that works. Educational
Leadership, 57(8), 28–33.
Blank, R. K., las Alas, N. De, & Smith, C.
(2008). Does teacher professional
development have effects on teaching and
learning?: Analysis of evaluation findings
from programs for mathematics and science
teachers in 14 states. Council of Chief State
School Officers.
Darling-Hammond, L., & Richardson, N.
(2009). Research review/Teacher learning:
what matters. Educational Leadership, 66(5),
46–53.
Directorate General of Teacher Profession.
(2008). Standar Pengembangan Kelompok
Kerja Guru (KKG) Musyawarah Guru Mata
Pelajaran (MGMP).
DuFour, R. (2004). What Is a“ Professional
Learning Community”? Educational
Leadership, 61(8), 6–11.
Evans, J. L., Meyers, R. G., & Ilfeld, E. M.
(2000). Early childhood counts: A
programming guide on early childhood care
for development. World Bank Publications.
Gagné, M., & Deci, E. L. (2005). Self
determination theory and work motivation.
Journal of Organizational Behavior, 26(4),
331–362.
Grendstad, G., Selle, P., Stromsnes, K., &
Bortne, O. (2006). Unique
Environmentalism: A Comparative
Perspective. Springer.
Guskey, T. R. (1997). Research Needs To Link
Professional Development and Student
Learning. Journal of Staff Development,
18(2), 36–40.
Heine, P. J. (2007). Personality in Social
Theory. Transaction Publishers.
Hybels, S., & Weaver, R. L. (2007).
Communication Effectively (8th ed.). New
York: McGraw-Hill.
Irawanto, D. W., Ramsey, P., & Tweed, D.
(2011). Exploring paternalistic leadership
and its application to the Indonesian context.
Massey University, New Zealand.
Joyce, B. R., & Showers, B. (2002). Student
achievement through staff development.
Association for Supervision & Curriculum
Development.
Law No. 14 of 2005 on Teacher and Lecturer.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994).
Qualitative data analysis: An expanded
sourcebook (2nd ed.). London: Sage.
Milka. (2013). Pengaruh Kegiatan MGMP
Program BERMUTU terhadap Kompetensi
Paedagogik dan Profesional Guru IPA SMP
di Kabupaten Donggala (Master Thesis).
Universitas Tadulako, Palu.
Morse, J. M., & Field, P.-A. (1996). Nursing
Research: The Application of Qualitative
Approaches. Toronto: Nelson Thornes.
Nieswiadomy, R. M. (2011). Foundations of
nursing research (6th ed.). Madison Ave,
NY: Prentice Hall.
Oxford Dictionaries. (2010). Oxford Dictionary
of English (3rd edition). New York, NY:
OUP Oxford
Rusdi. (2012). Pengaruh Pelaksanaan MGMP
terhadap Kompetensi Pedagogik dan
Professional Guru Biologi SMA/MA/SMK di
Kabupaten Sigi (Master Thesis). Universitas
Tadulako, Palu.
Rusmana, T. (2010). Perbedaan Kompetensi
Guru Pendidikan Jasmani yang Mengikuti
dan Tidak Mengikuti Program MGMP
Penjas SMP Kabupaten Pandeglang (Master
Thesis). Universitas Pendidikan Indonesia,
Bandung.
Saariluoma, P., & Isomäki, H. (2009). Future
Interaction Design II. Springer.
Sparks, D., & Loucks-Horsley, S. (1989). Five
models of staff development for teachers.
Journal of Staff Development, 10(4), 40–57.
Swezey, R. W., Meltzer, A. L., & Salas, E.
(1994). Some issues involved in motivating
teams. In Motivation: Theory and Research.
New York: Lawrence Erlbaum.
TPKP3B. (2002). Kamus Besar Bahasa
Indonesia (3rd ed., Vol. 2). Jakarta: Balai
Pustaka.
Triani, L. (2008). Analisis Kontribusi Peran
MGMP Terhadap Kemampuan Profesional
Guru (Master Thesis). Universitas
Muhammadiyah Malang, Malang.
Viriyavidhayavongs, B. V., & Yothmontree, S.
(2002). The Impact of ethical considerations
in purchase behavior: a propaedeutic to
further research. ABAC Journal, 22(3), 1–15.
Westen, D., Burton, L., & Kowalski, R. (2006).
Psychology (Australian and New Zealand
Edition). Milton, Queensland: John Wiley &
Sons
Published
2024-12-06
How to Cite
RahmanA., BasriH., & MarhumM. (2024). Exploring Teachers’ Perception on Their Participation Participation in Subject Matter Teacher Group. Bahasantodea, 4(3), 9-19. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/813
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>