Study Keragaman Pangan Lokal di Kecamatan Marawola Barat Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Local Food Diversity Study in Kecamatan Marawola Barat Sigi District Central Sulawesi Province)

  • Abdul Rahman Universitas Tadulako
  • Mahfudz Mahfudz Universitas Tadulako
  • Ramal Yusuf Universitas Tadulako
Keywords: Keragaman jenis pangan lokal, ketersediaan, pengetahuan, dan daya dukung lahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis tanaman pangan lokal sebagai pangan alternatif selain beras yang ada  di Kecamatan Marawola  Barat,   Kabupaten Sigi,  Provinsi Sulawesi Tengah;  ketersediaan bahan pangan lokal yang ada di Kecamatan Marawola Barat, pengetahuan masyarakat tentang keragaman pangan lokal selain beras di Kecamatan Marawola Barat Kabupaten Sigi, Propinsi Sulawesi Tengah, dan menganalisis daya dukung lahan dalam mendukung penyediaan pangan lokal di Kecamatan Marawola. Metode analisis adalah metode analisis deskriptif survei. Penetapan lokasi secara sengaja (purposive). Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling method sebanyak 59 Kepala rumah tangga. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis menggunakan analisis Deskriptif kuantitatif dan kualitatif melalui identifikasi jenis keragaman pangan lokal, analisis ketersediaan pangan, pengetahuan dengan metode skoring dan analisis daya dukung lahan berdasarkan produksi dan konsumsi ideal. Hasil penelitian menunjukkan jenis sumber pangan lokal di lokasi penelitian cukup beragam, dengan komoditas utama Jagung. Ketersediaan pangan lokal untuk pemenuhan sumber pangan secara umum belum tersedia. Tingkat pengetahuan masyarakat terhadap keragaman pangan lokal dan konsumsi masih rendah. Dan tingkat daya dukung lahan belum mendukung kebutuhan pangan lokal masyarakat di desa Lewara, dan desa Panesibaja Kecamatan Marawola Barat Kabupaten Sigi.

Author Biographies

Abdul Rahman, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pertanian Pascasarjana Universitas Tadulako

Mahfudz Mahfudz, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pertanian Pascasarjana Universitas Tadulako

Ramal Yusuf, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pertanian Pascasarjana Universitas Tadulako

Published
2020-09-30
How to Cite
RahmanA., MahfudzM., & YusufR. (2020). Study Keragaman Pangan Lokal di Kecamatan Marawola Barat Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah (Local Food Diversity Study in Kecamatan Marawola Barat Sigi District Central Sulawesi Province). Mitra Sains, 8(2), 131-152. https://doi.org/10.22487/mitrasains.v8i2.287
Section
Articles