Improving Vocabulary Mastery Through Meaningful Alphabet Technique at the Tenth Grade Students of SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu

  • Ahmad Zulfahri Universitas Tadulako
  • Mochtar Marhum Universitas Tadulako
  • Abdul Kamaruddin Universitas Tadulako
Keywords: Meaningful alphabet, Defenisi, Pengetahuan kata, Mengajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik meaningful alphabet memperbaiki penguasaan kosa kata siswa. Penerapan teknik tersebut melalui definisi, konteks, sinonim, antonim dan mengenal kategori kata. Hasil penelitian ini menunjukan pemahaman siswa tentang pengetahuan kata menjadi lebih baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian berhasil dilaksanakan dalam putaran pertama yang terdiri dari empat kali pertemuan. Dari hasil evaluasi berhubungan dengan test kosa kata siswa memperoleh hasil yang maximal. Jumlah siswa yang lulus sesuai dengan criteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 29 siswa atau 96,6% dari jumlah 30 siswa secara keseluruhan. Berdasarkan angket questioner dan observasi, kesimpulan dapat dinyatakan bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Guru mengimprovisasi pengajaran setelah mengoreksi beberapa kekurangan yang diobservasi pada pertemuan sebelumnya dan siswa-siswa terlibat aktif pada proses pembelajaran.

Author Biographies

Ahmad Zulfahri, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Mochtar Marhum, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Abdul Kamaruddin, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Hiebert, E.H and Kamil, M. 2005. Teaching and Learning Vocabulary. New Jersey: Lawrence Elbaum Associates Publishers.
Kemmis, S and Mctaggart R. 1988. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Kemdikbud. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemdikbud.
Lamasiara, D. 2013. Mengembangkan Model Pembelajaran Aksara Bermakna untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata dan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas XII SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu.Unpublished. Retrieved from personal library/ Research and Development.Oktober 2013.
Pikulski and Templeton. 2004. Teaching and Developing Vocabulary: Key to Long Term Reading Success. Hougton Mifflin Company.
Schmitt, N. 2008. Teaching Vocabulary. University of Nottingham: Pearson Education.
Turville, Judy. 2008. Teaching the Brain to Read: Strategies for Improving Fluency, Vocabulary and Comprehension. USA: ASCD.
Yates, Y. 2006. English Vocabulary for Beginning ESL Learners. USA: The MC.Graw-Hill Companies, Inc
Published
2024-12-05
How to Cite
ZulfahriA., MarhumM., & KamaruddinA. (2024). Improving Vocabulary Mastery Through Meaningful Alphabet Technique at the Tenth Grade Students of SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu. Bahasantodea, 4(2), 47-52. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/802
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)