Teaching Vocabulary to Grade VIII Students at SMP Negeri 9 Palu by Using Word Wall Strategy

  • Ananda Wilsana Universitas Tadulako
  • Mochtar Marhun Universitas Tadulako
  • Abdul Kamaruddin Universitas Tadulako
Keywords: Pengajaran, Kosakata, Strategi Dinding Kata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi word wall dapat digunakan meningkatkan pengetahuan kosakata bahasa Inggris siswa. Ini mencakup perbaikan kemampuan siswa untuk menggunakan kosakata dalam konteks yang tepat dan pemahaman mereka akan bentuk kosakata seperti kata benda, kata kerja, kata sifat dan kata keterangan. Ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Hasilnya menunjukkan peningkatan nilai siswa dari tes awal sampai tes ketiga pada siklus kedua. Di tes pertama, 5 atau 16% siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jumlah siswa yang mencapai KKM di siklus pertama adalah 14 orang (45%) dan pada tes di siklus kedua, persentase siswa yang mencapai KKM adalah 81% atau 25 orang. Berdasarkan kuesioner dan lembar observasi, kegiatan belajar dan mengajar berjalan dengan baik. Siswa lebih aktif dan antusias selama proses belajar dan mengajar pada siklus kedua daripada siklus pertama. Jadi, penggunaan strategi word wall meningkatkan kosakata siswa dengan signifikan.

Author Biographies

Ananda Wilsana, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Mochtar Marhun, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Abdul Kamaruddin, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Beeland, Jr., William D. (2002). Student Engagement, Visual Learning and Technology: Can Interactive Whiteboards Help? Annual Conference of the Association of Information Technology for Teaching Education. Trinity College, Dublin.
Burden, Karen. (2011). Literacy Light: Word Walls. Newsletter. From [12/09/2014]
Cronsberry, Jennifer. (2004). Word Walls: A Support for Literacy in Secondary School Classrooms. Online. From [20/09/2014]
Diamond, Linda and Gutlohn, Linda. (2006). Teaching Vocabulary. LD Online, article. [12/09/2014]
Gacka, Richard. (2013). Attention Checklist. From < www.drgacka.com> [10/12/2014]
Gu, Peter Yongqi. (2003). Vocabulary Learning in a Second Language: Person, Task, Context and Strategies. From < http://www.tesl ej.org/ej26/a4.html> [31/05/15]
Hopkins, David. (2011). Panduan Guru: Penelitian Tindakan Kelas. A Teacher’s Guide to Classroom Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Kemmis, Stephen,. McTaggart, Robin., and Nixon, Rhonda. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. Singapore: Springer.
Maddox, Maeve. (2013). Part of Speech. From [31/05/15]
Montgomery, Judy K. (2007). The Bridge of Vocabulary: Evidence Based Activities for Academic Success. USA: NCS Pearson Inc.
Nist, Sherrie & Mohr, Carole. (2002). Improving Vocabulary Skills. Third Edition. USA: Townsend Press, Inc.
Purwanto, Ngalim. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Rosdakarya
Thornbury, Scott. (2002). How to Teach Vocabulary. Harlow: Pearson.
Turville, Joni. (2013). Differentiating by Student Learning Preferences: Strategies and Lesson Plans. New York: Routledge.
Willis, Judy. (2008). Teaching the Brain to Read: Strategies for Improving Fluency, Vocabulary, and Comprehension. USA: ASCD
Published
2024-12-04
How to Cite
WilsanaA., MarhunM., & KamaruddinA. (2024). Teaching Vocabulary to Grade VIII Students at SMP Negeri 9 Palu by Using Word Wall Strategy. Bahasantodea, 3(2), 23-35. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/750
Section
Articles