Teaching English Vocabulary to Mentally Retarded Students of SLB Negeri 2 Palu Through Make-A-Match Technique

  • Dian Anggraeni Universitas Tadulako
  • Mochtar Marhum Universitas Tadulako
  • Sudarkan R Mertosono Universitas Tadulako
Keywords: Kosa kata, pencapaian siswa, Tehnik Mencari Pasangan, PTK

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana menemukan pencapaian kosakata dengan menggunakan teknik “ Mencari Pasangan “. Penelitian ini dilakukan di SLB Negeri 2 Palu khususnya bagi siswa Tuna Grahita tahun ajaran 2015-2016 sebagai subjek di penelitian ini. Subject pada penelitian ini terdiri dari 10 siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan, dan dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah data kuanlitatif dan kualitatif (deskriptif).Data kuantitatif diperoleh dari hasil tes siswa dalam penguasaan kosakata, sedangkan kualitatif diperoleh dari observasi dan field note. Berdasarkan data tersebut,pada tes1,dari hasil penelitian diperoleh 5 siswa (50 %)pada tingkatan rendah, sedangkan pada test II hasil penelitian diperoleh 8 siswa ( 80 % )berhasil. Setelah seluruh data yang diperoleh. dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kosakata melalui tehnik “Mencari Pasangan“ dapat membuat proses pembelajaran menarik, membuat siswa paham akan arti kata, membuat siswa mempunyai kemampuan berkomunikasi terhadap orang lain. Terbukti dengan adanya pembelajaran kosakata melalui tehnik “ Mencari Pasangan “ memperbaiki penguasaan kosakata siswa. Diharapkan bahwa tehnik “ Mencari Pasangan “ sebagai salah satu tehnik dalam pembelajaran kosakata yang digunakan.

Author Biographies

Dian Anggraeni, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Mochtar Marhum, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

Sudarkan R Mertosono, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Colman, R. (2005). The Briefest English Grammar and Punctuation Guide Ever. Australia: University of New South Wales Press Ltd.
Downing, A. and Locke, P. (2006). English Grammar A University Course Second Edition. USA: Routledge.
Dykes, B. (2007). Grammar for Everyone: Practical Tools for Learning and Teaching Grammar. Australia: Australian Council for Educational Research Ltd.
Harmer, J. (1998). The Practice of English Language Teaching. London:
Haycraft, J. (1995). An Introduction to English Language Teaching. England: Longman .
Individuals with Disabilities Education Improvement Act (IDEA) Amendments of 2004
Jackson, H. (2005). Good Grammar for Students. London: Sage Publication.
Kemmis, S and McTaggart, R. (198 8) The Action Research Planner .Third Edition.Victoria:Deakin University .
Kridalaksana H, Kamus Linguistik,edisi ke - 3, 1993 (Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama,)
Lie, A. (2010). Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: PT Gramedia Longman.
Norton, B. (2006). Towards a model of critical language teacher education. Language Issues, 17(1), 12 -17.
Richards, J.C. and Renandya, W.A. (2002). Methodology in Language Teaching: An Anthology of current Practice. New York: Cambridge University Press.
Webster ,S The Largest Abridgement of Webster .s New International Dictionary of English Language, Webster .s College Dictionary. (USA : G & G Merriam co,(1935)
Published
2024-12-06
How to Cite
AnggraeniD., MarhumM., & MertosonoS. (2024). Teaching English Vocabulary to Mentally Retarded Students of SLB Negeri 2 Palu Through Make-A-Match Technique. Bahasantodea, 4(4), 75-84. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/840
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)