Developing Students’ Speaking Skill Through Board Game at SMPN 1 Tolitoli
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk penerapan permainan papan dalam mengajarkan keterampilan berbicara. Metode Penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan rancangan non-equivalent kelas kontrol. Ada 56 siswa yang menjadi sampel pada kelas experiment dan kelas kontrol. Pengambilan data di ambil dari Pretest dan Posttest. Data yang teridentifikasi bahwa nilai rata rata siswa di kelas experiment 78.03 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang mana nilai rata rata hanya 6.12. Dalam melakukan analisis data dengan menggunakan rumus t-test. Perhitungan hasil data tcount(tc) adalah 6.12 lebih tinggi di bandingkan dengan hasil data ttable(tt) yang hanya 1.998. Dari hasil yang teridentifikasi bahwa ada pengembangan yang signifikan dalam mengajarkan permainan papan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara. Hal ini menyatakan bahwa mengajarkan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan permainan papan effektif. sehinga permainan papan dapat mengembangkan keterampilan siswa dalam berbicara.
References
Brown, H. Douglas. 1994. Teaching by principles: an interactive approach to language pedagogy. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Reagents
Buckby, Michael. 1994. Games for Language Learning. Australia: Cambridge University Pres.
Cameron, Deborah. 2001. Working with Spoken Discourse. Oxford: SAGE Publications, Ltd.
Harmer, J. 1994. The practice of English Teaching. New edition. New York. Longman Publishing.
Heaton, T.B 1988. Writing English Language Test. Hongkong: longnam Grup
Knight 1992. Assessing Speaking Skill: a workshop for teacher development.EFL Journal Volume 46/3 July 1992. Oxford University Press 1992
Lackman, K. 2010. Teaching Sub-Skill: Activities for Improving Speaking. Ken Lackman and Associates: Educational Consultant.
Latief, M. A. 2013. An Introduction of Research Methods on Language Learning. Malang: Universitas Negeri Malang
Philips, M. 1982. Dialogue and the Human Image, Beyond Humanistic Psychology. Snewbury Park, CA. Sage Publication.
Richards, J. C. and Renandya, W.A. Eds.. 2002, Methodology in language teaching. Cambridge: Cambridge University Press.
Rivers, W. M. 1981. Teaching Foreign Language Skill (2nd). Chicago: University of Chichago Press.
Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif . Bandung Alfabeta