Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai Siswa Kelas V SD Inpres 1 Talise Palu

  • Satria Satria Universitas Tadulako
  • Yunnidar Nur Universitas Tadulako
  • Sugit Zulianto Universitas Tadulako
Keywords: Menulis, puisi, berantai

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode menulis berantai untuk meningkatkan kemempuan menulis puisi siswa kelas V SD. Inpres 1 Talise Palu dan apakah penerapan metode menulis berantai dapat meningkatkan kemempuan menulis puisi siswa kelas V SD Inpres 1 Talise Palu. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode menulis berantai untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dan meningkatkan hasil menulis puisi siswa kelas V SD Inpres 1 Talise Palu tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan metode menulis berantai. Penelitian ini menggunakan metode diskritif. Ada pun data penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil evaluasi tes sedangkan data kualitatif diperoleh melalui hasil observasi dengan meggunakan analis presentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penggunaan metode menulis berantai dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas V SD Inpres 1 Talise Palu. Hal ini terlihat adanya peningkatan jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar dari siklus I hingga siklus II yaitu dari nilai rata rata klasikal 14,28% dan kelulusan individu 55,75% pada siluis I meningkat menjadi rata rata klasikal 95,25% dan rata rata individu menjadi 80,05% pada siklus II hal ini berarti dari juimlah 21 siswa yang mencapai ketuntasan 20 siswa yang tuntas, maka penelitian ini dapat dikatakan berhasil atau hipotesis dapat dibuktikan.

Author Biographies

Satria Satria, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Indonesia

Yunnidar Nur, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Indonesia

Sugit Zulianto, Universitas Tadulako

Program Studi Megister Pendidikan Bahasa Indonesia

References

Ahmad Rofi’uddin & Darmiyati Zuhdi. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Ardiana, Leo Indra. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Diknas.
Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa.
Harris Effendi. 2001. Pembelajaran Menulis Terpadu pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonsia: Sebuah Diskusi. Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Seni. 2(1). Hlm. 55-60.
Saleh Abbas. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia. yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Sarwiji Suwandi. 2004. Penilaian Berbasis kelas dalam Pembelajaran BahasaIndonesia. Makalah disajikan dalam konferensi Linguistik Tahunan Atmajaya. Jakarta: Tingkat Internasional.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutarno.2008. Menulis yang Efetif. Jakarta:Sagung Seto.
Waluyo, Herman. J. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Published
2024-12-06
How to Cite
SatriaS., NurY., & ZuliantoS. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Metode Menulis Berantai Siswa Kelas V SD Inpres 1 Talise Palu. Bahasantodea, 4(4), 48-55. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/837
Section
Articles