Penerapan Media Gambar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XB SMAN 2 Dampelas
Abstract
Berasarkan latar belakang penelitian, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah langkah-langkah penerapan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XB SMAN 2 Dampelas? Dan apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XB SMAN 2 Dampelas? Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan media gambar dalam menulis karangan deskripsi siswa kelas XB SMAN 2 Dampelas dan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XB SMAN 2 dampelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan media gambar dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas pada penelitian ini terdiri atas empat tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I masih terdapat lima siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 67, untuk itu dilakukan tindakan siklus II. Pada siklus II materi yang diberikan sama dengan siklus I, namun pada siklus II guru lebih memfokuskan pembelajaran pada kesulitan atau kekurangan yang dialami siswa pada siklus I. Pembelajaran kembali menggunakan media gambar, namun gambar yang diberikan berbeda dengan siklus I. Pada siklus II ini guru dapat mengoptimalkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi. Dari 35 siswa yang hadir mengikuti pembelajaran menulis karangan deskripsi pada siklus II sudah mencapai batas tuntas minimal 67, ditunjukkan dengan nilai rata-rata siswa sebesar 79,5 yang naik dari data awal dan siklus I. Dari data awal yang telah diperoleh, siklus II meningkat sebanyak 22,3% dan dari siklus I meningkat sebanyak 12,4%
References
Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sanaki, Hujair. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Semi, M.A. 2003. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sudjana. 1997. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Suparno dan Mohamad Yunus. 2008. Modul Keterampilan Menulis. Universitas Terbuka.
Tarigan Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Widiyamartaya. 1992. Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta.
Zamzani. 1999. Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan PGSD