Peningkatan Kompetensi Menulis Naskah Berita Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 3 Banawa melalui Metode Demonstrasi
Abstract
Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan tersebut, permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimanakah penerapan metode demostrasi dalam meningkatkan kompetensi menulis naskah berita siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Banawa? Dan bagaimana peningkatan kompetensi menulis naskah berita siswa kelas VIIIA SMP Neg Mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan kompetensi menulis naskah berita pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Banawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan peningkatan kompetensi menulis naskah berita pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Banawa melalui demostrasi dan untuk mendeskripsikan peningkatan kompetensi menulis naskah berita pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Banawa melalui demostrasi. penelitian yang digunakan untuk memecahkan masalah yang berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Peneliti mememilih rancangan PTK dalam penelitian ini sebagai upaya untuk memperbaiki dan kondisi pembelajaran dan mengatasi kesulitan belajar yang berkaitan dengan rendahnya kompetensi menulis naskah berita siswa kelas VIIIA SMP Negeri 3 Banawa melalui metode demonstrasi. Hasil penelitian Peningkatan itu berdasarkan hasil tes menulis pengalaman pribadi melalui metode demonstrasi. Hasil belajar pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,31% dan pada siklus II mencapai 86,05%. Berarti mengalami peningkatan sebesar 18,74%. Berdasarkan obsevasi tentang keterlaksanaan metode pembelajaran oleh guru pada siklus I diperoleh nilai 61,1% dan keterlaksanaan metode pembelajaran pada siklus II diperoleh nilai 81,9%, berarti mengalami peningkatan sebesar 20,8%. Sedangkan keterlaksanaan metode pembelajaran oleh siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 58,5% siklus II diperoleh nilai rata-rata 78,5%, berarti mengalami peningkatan sebesar 20%.
References
Barus, Wiling. S. 2010. Jurnalistik Petunjuk Teknis Menulis Berita. Jakarta: Erlangga
Budyatna.2012. Jurnalistik Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosda Karya
Chaer Abdul.2010. Bahasa Jurnalistik. Jakarta: Rineka Cipta
Sugioyono.2009. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur.2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trimansyah.2010. Jurnalistik untuk Remaja. Bandung: PT.Karya Kitas