Developing Listening Skill of The Grade VIII Students at SMP Negeri 19 Palu Through English Songs
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan siswa kelas delapan di SMPN 19 Palu melalui lagu bahasa Inggris. Penelitian ini dirancang sebagai kolaboratif penelitian tindakan kelas di mana peneliti dan kolaborator-nya bekerja sama untuk merancang rencana pelajaran, menerapkan tindakan, mengamati efek tindakan, dan merefleksikan hasil dari tindakan. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti bertindak sebagai praktisi, motivator, dan fasilitator, sedangkan kolaboratornya menjadi pengamat dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Siklus 1 terdiri dari dua pertemuan dan siklus 2 terdiri dari dua pertemuan. Lagu Bahasa Inggris digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan siswa. Subjek penelitian ini terdiri dari dua puluh siswa. Data menunjukkan bahwa siswa menikmati dan senang dalam proses belajar dan mengajar. Para siswa sangat aktif dalam melakukan semua tugas-tugas. Untuk memperoleh data apakah tanggapan siswa keterampilan mendengar dapat dikembangkan, diberikan kuesioner dan tes individu. Pelaksanaan dua siklus menunjukkan peningkatan prestasi siswa. Ada 13 (65,00%) siswa yang berhasil dan 10 (30,00%) siswa dianggap gagal. Kemudian, berhasil meningkat menjadi 15 (75%) siswa dan gagal menurun menjadi 5 (25.00%) siswa pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa tindakan dilaksanakan dalam dua siklus dianggap berhasil untuk memecahkan masalah keterampilan mendengarkan.
References
Djoudi, M. 2009. Listening Comprehension of Langages with Mobile Devices. In Rita de Cassia Veiga Marriott & Patricia Lupion Torres. Handbook of Research on E-Learning Methodologies for Language Acquisition. New York: IGI Global.
Dunkle, P. 1991. Listening in the native and second/foreign language: Toward an integration of research and practice. TESOL Quarterly, 25, 3,431-457.
Hill, J.D. & Flynn, K.M. 2006. Classroom Instruction that Works with English Language Learners. Alexandria: ASCD.
Krashen, S. 1985. The Input Hypothesis: Issues and Implications. Harlow: Longman.
Krashen, S. 1994. The pleasure hypothesis. Georgetown University Round Table on Languages and Linguistics 1994. Washington DC: Georgetown U. Press.
Lynch, Larry M. (2008). Using Popular Songs to Improve Language Listening Comprehension Skills. http://esl4free.blogspot.com/2008/02/co uld-music-improve-your-students
Maley, A. and Duff, A. 1989.The Inward Ear. Cambridge: Cambridge University Press.
Hornby, A. S. (1990). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford: Oxford University Press
Orlova, Natalia F. (March 2003). Helping Prospective EFL Teachers Learn How to Use Songs in Teaching Conversation Classes. The Internet TESL Journal. Retrieved from http://iteslj.org/Technoques/Orlova - Songs.html
Oxford, R. L. (1993). Research Update on Teaching L2 Listening. System, 21 (2)Ronald, K, & Roskelly, H. "Listening as an act of composing." Paperpresented at the 36th Conference on College Composition and Communication, 1985. 12pp. [ED257 094]
Rixon, S. (1986). Developing Listening Skills. Basingstoke: Macmillan. Ross, Justine. (February 2006). ESL Listening Comprehension: Practical Guidelines for Teachers. The Internet TESL Journal. http://iteslj.org/Techniques/Ross - ListeningComprehension.html
Rost, M. 2002. Teaching and Researching Listening. London, UK: Longman.
Saricoban, Arif. (December 1999). The Teaching of Listening. The Internet TESL Journal. Retrieved from http://iteslj.org/Articles/Saricoban - Listening.html
Savignon, S. 1991 . Communicative language teaching: State of the art. TESOL Quarterly, 25, 261 -277.
Usman, U. 2002. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wilt, M. E. "A study of teacher awareness of listening as a factor in elementary education,"Journal of Educational Research, 43 (8), April 1950, pp. 626 - 636