Representasi Bentuk Kekuasaan dalam Wacana Kelas di SMP Labschool Untad Palu Tahun Ajaran 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan representasi bentuk kekuasaan dalam wacana kelas di SMP Labschool Untad Palu tahun ajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini tergolong analisis wacana kritis (AWK). Model AWK yang diimplementasikan adalah model Norman Fairclough. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui; (1) observasi, (2) teknik rekam, dan (3) catatan lapangan. Peneliti bertindak sebagai instrumen utama. Analisis data penelitian dilakukan melalui model Miles dan Huberman, yakni: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat representasi bentuk kekuasaan dalam wacana kelas di SMP Labschool Untad Palu tahun ajaran 2015/2016 melalui tindak tutur. Tuturan tersebut akan merepresentasikan bentuk, yakni: (1) perintah, (2) permintaan, (3) larangan, (4) persilaan, (5) saran, (6) menilai, (7) memberitahukan. Dari tindak tutur tersebut terepresentasi bentuk kekuasaan yang menggunakan beberapa jenis kekuasaan, seperti: kekuasaan paksaan, kekuasaan absah, kekuasaan imbalan, dan kekuasaan keahlian.
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Drummond, Helga. 1992. Kekuasaan: Rebut dan Gunakan. Diterjemahkan oleh Dian Paramesti. 2003. Jakarta: Adi Tandur.
Fairclough, Norman.1995. Critical Discourse Analysis. USA: Longman Publishing.
Hikam, Muhammad A.S., 1996. “Bahasa dan Politik: Penghampiran Discursive Practice”
Jufri. 2008. Analisis Wacana Kritis. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Robbins, Stephen P dan Judge, Timothy A. 2013. Perilaku Organisasi. Jakarta: Salemba Empat.
Thompson, John B. 1984. Analisis Ideologi: Kritik Wacana Ideologi-ideologi Dunia. Diterjemahkan oleh Haqqul Yakin. 2003. Yogyakarta: IRCiSoD
Wayne, R. Pace dan Don F. Faules. 2006. Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Yanto Jully Andry, 2007. Representasi Kekuasaan Pada Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal online