Expressing Oral Argument Through Buzz Group Discussion at Eleventh Grade Students of SMA Negeri 3 Palu
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk membuktikan bahwa pengunaan tehnik Buzz Group Diskusi dapat mempengaruhi keterampilan berargumentasi siswa SMA Negeri 3 Palu. Penelitian ini menggunakan tru eksperimental berdasarkan tujuan untuk menentukan sampel kelompok ekperimental . Instrument pengumpulan data mengunakan test untuk mengukur keterampilan siswa dalam memberikan argument. Pengumpulan data mengunakan statistik deskriftif dan statistik uji t. Data yang diperoleh dianalisa dan diuji melalui SPSS. Ditemukan nilai rata rata dari keterampilan berbicara kelompok experimen adalah 72.64 lebih besar dari kelompok pre test 56.6 . Hasil perbandingan melalui uji t menggambarkan nilai thitung = 2.850 nilai ttable = 2.048 sehinga Ha diterima dan Ho di tolak dapat disimpulkan bahwa pengunaan tehnik Buzz Group Dsikusi dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memberikan argumentasi di SMA Negeri 3 Palu.
References
Gebhard,Jerry G. 2000. Teaching English as foreign or second Language: A Teacher Self-Development and Methodology Guide. Ann Arbor: The univercity of Michigan Press
Group Innovation Tools: Discussion 66 – From: Creativity at work [online]. [Accessed 28th Jan 2008]. Available from World Wide Web: http://creativity.atwork network.com/2007/10/14/group innovation-tools-discussion-66
Jaques, David. 2003. ABC of learning and teaching medicine: Teaching small groups. Available online at: http://www.bmj.com/cgi/content/full/326/7 387/492. Retrivied on January 15, 2010
Kachisa, Esekil. 2004. Participatory Teaching and Learing: Aguide to Methods and Technique. Malawi Institute of Education. Avilable online at : pdf.usaid.gov/pdf docs/PNADE007.pdf. Retrivied on November 10, 2009
Mary, and Will.2002 English for Primary Teacher; Handbbok of activities and classroom language
McKeachie.Wilbert J.1994. Teaching tips; A guide for beginning college Teche(9thed.).Lexington, Massachusetts: D.C. Heath and Company
Renner, peter.1993. the art of teaching adult: How to become an Exceptional Facilitator. Avilable online at : www.parenteducationask.ca/pdf/buzz group.pdf. retrivied on november 17, 2009
Tribeus, Richard G. 1990. Small Group Teaching: A Trouble-Shooting Guide. Toronto; Ontairo; OISE Press and the ontiro Institute for Studies in Education PresS