Developing Writing Skill of Grade VIII Students at MTS Alkhairat Mamboro Through Picture Series
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa melalui gambar berseri. Penelitian ini didesain sebagai penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di MTs Alkhairaat Mamboro. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa kelas Delapan, terdiri dari 11 siswa dan 9 siswi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus melalui langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Peneliti dan kolaboratornya mengumpulkan data melalui lembar observasi, catatan lapangan, dan butir soal menulis. Data dianalisa secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang didapatkan dari tes diabalisa secara kuantitatif sedangkan data dari lembar observasi dan catatan lapangan tidak dianalisa secara kuantitatif. Kriteria kesuksesan adalah siswa harus meraih nilai individu 65 dan harus dicapai oleh lebih dari 75% siswa dari total jumlah siswa dikelas. Hasil dari analisis data menunjukkan terdapat 5 siswa (25%) yang meraih criteria kesuksesan dipertemuan pertama dan 6 siswa (30%) dipertemuan kedua (siklus 1). Sedangkan disiklus 2, terdapat 14 siswa (70%) yang mencapai criteria kesuksesan dipertemuan pertama dan 17 siswa (85%) dipertemuan kedua. Hasil dari siklus dua menunjukkan keberhasilan siswa mencapai criteria kesuksesan. Hal ini mengindikasikan teknik gambar berseri mampu mengembangkan kemampuan siswa dalam menulis teks recount.
References
in English 1. South Yarra; Macmila
Anyasari, A.2010. Employing Picture Series
Strategy to Improve the Writing Ability.
Karya-Ilmiah.ac.i.d / index php.
Arikunto,S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Pendekatan Praktis,Jakarta:
Edisi Tempo Press.
Ariningsih, D,S890208104.2010. The
Effectiveness of Using Picture Series to
Improve The Students’ Writing Skill
Viewed from Their Leraning
Motivation.Sebelas Maret university of
Surakarta: Thesis.
Broughton, G., Brumfit., C., Flavel, R., Hill, P.,
and Pincas, A. 1988. Teaching English as
a Foreign Language. New York:
Routledge Education Books.
Brown, H. Doughlas. 2001. Teaching by
Principle: An interactive Appr.
Bybee, J .2011. Cambridge: Phpnology and
Language Use.
Cohen, Ad.1994. Assessing Language Ability
in Classroom. (2nd Edition). Henle &
Heinle Publisher.
Depdikbud. 1994. Petunjuk Teknis
Pengajaran-Pengajaran Bahasa Inggris.
Jakarta: Balai Pustaka
Depdiknas. 2006. Standar Kompetensi Mata
Pelajaran Bahasa Inggris SMP Dan
MTs.Jakarta :Depdiknas.
Djatmika, Priyanto, Agus, D., and Kusuma, D.
2009. Solo : A Fun and Easy English
Book. Platinum.
Donough, JO Mc., and Shaw, C. 1993.
Materials and Methods in ELT,:
Blackwell Publishing.
Finocchiaro, M. 1986. English as a
Second/Foreign Language, From Theory
to Practice.New York: Regents
Publishing Company, Inc.
Hardfield, C & Hardfield J. 1990, Writing
Game. Edinburg:Thomas Neson and Son.
Harmer, J. 1992. The Practice of English
Language Teaching.New York:
Longman,
Heaton, J. B. 1988. Writing English Language
Test.New York: Longman.
Hornby, A. S. 2000. Oxford Advanced
Learner’s Dictionary of Current
Language.
http://Picture
Series/Portal.acm,org/citation.cmf?id s.
https://englishgointernational.wordpress.com/2
011/02/28/9/ Teaching Narrative
Composition by Using Pictures Series.
Hyland, K .2003. Second Language Writing.
Cambridge University Press.
Kemmis, S., and McTaggart, R. 1988. The
Action Research Planner.Victoria:
Deakin University. Third Edition.
Lanjau, N. 2005. The Development of Picture
Series for the Teaching of Writing at
Junior High School in the District of
Long Ikis.University of Malang:
Unpublished Thesis.
Lightbown, P. M & Spada, N, 2001. How
Language are Learned. (2
nd Edition),
Oxford: University Press.
Maurer, I. 2006. Characterization of
Recognizable Picture Series.
Mukarto. 2002. English on Sky. Jakarta:
Erlangga.
Mukoroli, J. 2011. Effective Vocabulary
Teaching for the English for Academic
Purposes ESL Classroom. TESOL
Collection,Paper Sol.
Murcia, Marianne C. 2001. Teaching English
as a Second or Language
Foreign.Singapore: Heinle & Heinle
Thomson learning.
Oxford: Oxford New York: University Press.
Raimes,Ann, Techniques in Teaching Writing,
New York: Oxford University Press,
1983.
Sagor, Richard. 1992. How to Conduct
Collaborative Action Research. State
University of America, Washington.
Shores,L.1996. Instructional Material: an
Intronduction for Teacher,New York:
The Roland Press Comp.
Soegeng H. S. 2005. Effective English for
Grade VIII of Junior High School.Solo:
Tiga Serangkai.
Sudirman, A. 2010. Writing 2 Yogyakarta:
Resource
Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan.
Bandung: Alfabeta
Wardiman, A, Jahur, MB., and Djusma, M
Sukirman. 2008. English in
Focus.Jakarta: Pusat Perbukuan
Depdiknas