Enabling Kindegarten Children of Raudatul Atfal Al-Ikhlas Duyu to Memorize English Words Through Drawing and Coloring

  • Ma'rifah Nurmala Universitas Tadulako
Keywords: menggambar dan mewarnai, menghafal kata-kata bahasaInggris

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengukur keefektifan metode menggambar dan mewarnai pada kemampuan anak-anak RaudatulAtfal Al-Ikhlas Duyu dalam menghafal kata-kata bahas aInggris. Penelitian ini termasuk dalam quasi eksperimen, non ekuivalen control grup dan uji-t dalam pengujian statistiknya. Sampel group yang diuji adalah grup eksperimen yang diberikan perlakuan metode menggambar dan mewarnai dan grup control diajarkan dengan cara biasa dalam pembelajarannya. Intstrumen data yang dipakai adalah test dan observasi. Tes digunakan sebagai acuan dasar pengujian, sedangkan lembar observasi hanya sebagai data penunjang hasil dari test. Data dianalisis menggunakan uji-t SPSS dan metode deskripsi. Data yang didapatkan diolah dan dianalisa menggunakan SPSS 16.0, sedangkan observasi ceklis dijelaskan secara deskripsi. Berdasarkan analisis data, perbandingan hasil pengujian hipotesis post-test eksperimen grup dan control grup memperlihatkan bahwa nilai rata-rata dari grup eksperimen adalah 73.23 lebih besar dari pada nilai rata-rata dari group control yaitu 47.61. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes antara group yang diberikan perlakuan. Dari hasil perhitungan di dapatkan t-hitung 16.383 dengan level signifikan yang lebih besar dari t-table 1.714, ini berarti bahwa nul hypothesis (Ho) ditolak dan hipothesis alternative (Ha) diterima. Dengan kata lain bahwa kemampuan anak di kelas eksperimen dalam menghafal kata-kata bahasa Inggri lebih baik dari kelas yang hanya diajarkan carak onvensional.

Author Biography

Ma'rifah Nurmala, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Adoniou Misty. 2013. Drawing to Support Development in English Language Learners. Language and Education. Eric Institut of Educational Sciences v27p261-277-2013.
Chomsky Noam. 2006. Language and Mind. Cambridge University.
Curtain Helena. 1990. Foreign Language Learning An Early Start. www.ericdigest.org/pre9218/start.htm. Retrieved on Februari 22 2015.
J. Doug Mc. Gloth. A Child First Step In Long Learning, Retrieved From www.iteslj.org/articles/mcclothin children.html. July 2014
Longfellow Penelope. What Are Benefit Of Kids Learning To Draw Retrieved From. http://ehow.com/info 8577136 benefit-kids-learning-draw.html. on 13 September 2014.
Mi Song Kim. 2011. Play, Drawing and Writing: A Case Study of korean canadian Young Children. Europian Early Childhood Education Research Journal. V19n4P483.500.2011.
Upitis Rena, 2011. Art Education For The Development Of The Whole Child.
Queen’s University, Kingston, Ontario. Retrieved From
Published
2024-12-05
How to Cite
NurmalaM. (2024). Enabling Kindegarten Children of Raudatul Atfal Al-Ikhlas Duyu to Memorize English Words Through Drawing and Coloring. Bahasantodea, 4(1), 29-38. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/783
Section
Articles