Developing Writing Skill of Efl Learners at the Accounting Department STIE Panca Bhakti Palu Through Process-Based Writing
Abstract
Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Peneliti dan kolaborator bekerja sama dalam melaksanakan perencanaan, pelaksanaan dan observasi dan refleksi selama penelitian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa EFL Jurusan Akuntansi (AK1) di semester I tahun akademik 2015/2016. Subjek penelitian terdiri dari 24 siswa. Peneliti adalah dosen bahasa Inggris yang mengajar bahasa Inggris di kelas AK1 ini. Dia memilih kelas ini sebagai subjek penelitian karena mahasiswa di kelas ini merasa sulit untuk mengembangkan ide[1]ide ke dalam paragraf deskriptif. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Pertemuan pertama difokuskan pada pra-menulis dan penyusunan, pertemuan kedua difokuskan pada merevisi, dan pertemuan ketiga adalah editing dan penerbitan. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan catatan lapangan, skema dan kinerja menulis mahasiswa selama pelaksanaan tindakan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menulis berbasis proses efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa dalam paragraf deskriptif. Efek dari strategi ini didukung oleh persentase klasik mahasiswa dari 13 mahasiswa (52%) yang mendapat nilai sama dengan atau lebih besar dari 70 pada siklus 1 menjadi 21 mahasiswa (84%) yang mendapat nilai sama dengan atau lebih besar dari 70 dalam siklus 2. Selain itu, proses berbasis proses sebagai strategi pengajaran dalam keterampilan menulis mengajar efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa.
References
Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta:
Bumi Aksara.
Bogdan, Robert C. & Biklen, Sari Knopp.
1992 Qualitative Research for
Education. An Introduction to Theory
and Methods. Boston: Allyn & Bacon.
Brown, H. 2001. Teaching by Principles: An
Interactive Approach to Language
Pedagogy(2
nd Edition). New York:
Addison Wesley Longman, Inc.
Cahyono, B.Y. 1997. Pengajaran Bahasa
Inggris: Teknik, Strategi, dan Hasil
Penelitian. Malang: Penerbit IKIP
Malang.
Cahyono, B.Y. 2001. Second Language
Writing and Rhetoric: Research Studies
in Indonesian Context. Malang:
Penerbit Universitas Negeri Malang.
Eanes, Robin. 1997. Content Area Literacy.
Teaching for Today and Tomorrow.
New York: Delmar.
Harmer, J. 1998. How to Teach English: An
Introduction to the Practice of English
Language Teaching. Essey: Addison
Wesley Ltd.
Jordan, M.W. 2007. The Process of Writing:
Outlining, (Online),
(http://www.odessa.edu/dept/english/mj
ordan/outlining.html), diakses 2 Juli
2015.
Joy M. Reid 1982. The Process of
Composition. Prentice-Hall, Inc.,
Englewood Cliffts, N.J. 07632
Khalik, Abdul. 1999. Pembelajaran Menulis
dengan Strategi Aktivitas menulis
Terbimbing bagi siswa Kelas 4 Sekolah
Dasar. Unpublished Thesis. IKIP
Malang.
Long, Michael H., & Richards, Jack C. (Ed).
1987. Methodology in TESOL: A Book
of Readings. New York: Newbury
House Publishers.
Marzuki, A.G. 2014. Pengaruh Strategi
Guided Writing secara Kolaboratif
terhadap Hasil Belajar Menulis bahasa
Inggris Pada Mahasiswa yang Memiliki
Self Regulated Learning Berbeda.
Jurnal Derap Pendidikan LPMP Sulteng
Vol. 8 No.2, Agustus 2014.
McNiff, J., Lomax, P., & Whitehead, J. 1996.
You and Your Action Research Project.
New York: Hyde Publications.
Mukminatien, N. 1997. The Differences of
Students’ Writing Achievement Across
Different Course Levels. Unpublished
Dissertation. IKIP Malang.
Omagio, Alice C. 1986. Teaching Language
in context: Proficiency oriented
Instruction. Boston: Heinle & Heinle
Publishers, Inc.
Oshima, A. and Hogue, A. 2007. Introduction
to Academic Writing. New York:
Pearson Education, Inc.
Purnomo, Unang Hadi. 2002. Peningkatan
Kemampuan mengungkapkan Gagasan
dalam wacana Narasi dengan Strategi
Menulis Terbimbing (SMT) Siswa Kelas
1 SLTP N Kembang Bahu-Lamongan,
Unpublished Thesis. Malang State
University.
Raimes, Ann. 1983. Technique in Teaching
Writing. Oxford: Oxford University
Press Inc.
Rasyid, Fathor. 1999. Teaching
Argumentative Writing through
Cooperative Learning. Unpublished
Tesis. IKIP Malang.
Ridhayani. 2004. Penerapan Strategi Menulis
Terbimbing untuk Meningkatkan
Kemampuan Menulis bagi Siswa Kelas
2 SLTP Negeri 3 Tirawuta Sulawesi
Tenggara. Unpublished Tesis
Universitas Negeri Malang.
Saukah, Ali. 2000. The Teaching of Writing
and Grammar in English. Jurnal Bahasa
dan Seni, Tahun 28, Nomor 2, Agustus.
Malang: Universitas Negeri Malang.
Smalley, R. 2001. Refining Composition
Skills. USA: Thomson Learning Inc
Stephen Kemmis, Robin McTaggart. 1988.
The Action Research Planner. Deakin
University Press, Victoria.
Suarsa, Wayan, I. 2004. Penerapan Strategi
Menulis Terbimbing untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis
Wacana Narasi Bagi Siswa Kelas 1
SMP Negeri 15 Palu. Unpublished
Tesis Universitas Negeri Malang
Tessema, K.A. 2005. Stimulating Writing
through Project-Based Tasks. FORUM,
43 (4): 56-59.
Tompkins, G.E. 1998. Teaching: Balancing
Process and Product. New York:
McMillan College Publishing Company
Tompkins, Gail. E., & Hoskisson, Kenneth.
1991. Language Arts: Content and
Teaching Strategies. USA: Macmillan
Publishing Company, Inc