Analysis of Second Grade Students’ Writing Competence, Errors, and Problems in Accounting Department of SMK PGRI Palu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi, kesalahan, dan masalah menulis siswa. Jenisnya adalah deskriptif. Subjeknya adalah siswa kelas dua pada jurusan Akuntansi di SMK PGRI Palu. Intrumen penilitian ini adalah tulisan siswa, angket, dan wawancara. Tehnik analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil tulisan siswa berdasarkan kriteria klasifikasi komponen menulis dan kemudian mengidentifikasi kesalahan yang terdapat dalam tulisan. Angket dan wawancara digunakan untuk mengidentifikasi masalah yang di hadapi siswa dalam menulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, kemampuan menulis siswa pada komponen kerangka dan mekanika tulisan adalah baik hingga cukup. Isi dan kosakata dikategorikan cukup hingga sedang . Sementara tata bahasa di kategorikan sangat kurang. Frekuensi kesalahan yang ditemukan dalam tulisan siswa berjumlah 439. Terdapat 143 bilan frekuensi kesalahan pada penggunanaan kata kerja. Kemudian terdapat 110 frekuensi kesalahan pada kesesuian antara subjek dan predikat. Frekuensi kesalahan terkecil ditemukan pada penggunaan artikel. Terdapat 15 frekuensi kesalahan pada artikel. Ketiga, masalah yang paling umum dihadapi siswa adalah penguasaan tata bahasa, dan pengetahuan awal. Terdapat tujuh siswa yang menyatakan bahwa penguasaan tata bahasa adalah masalah yang paling sering dihadapi dalam kategori unsure kebahasaan dan delapan siswa yang menyatakan pengetahuan awal sebagai masalah dominan pada kategori diluar unsure kebahasaan. Kemampuan menulis siswa juga banyak di pengaruhi oleh kurangnya penguasaan kosakata. Selain itu siswa juga mengalami kendala dalam mengembangkan ide pokok tulisan mereka. Serta kesalahan yang sering dibuat oleh siswa dalam menulis banyak dipengaruhi oleh bahasa Indonesia
References
Goldman, H and Hirsch. A. 1986. The Essay, The Reading for Writing Process. Boston: Houghton Mifflin Company
Huges, A. 2008. Testing for Language Teacher. Second Edition: Cambridge University Press
Jacobs, G and Small, J. 2003. Combining Dictogloss and Cooperative Learning to Promote Language Learning.
James, C. 1998. Errors in Language learning and Use. Exploring error analysis. Longman, London - New York.
Krashen, S. D. 1987. Applications of psycholinguistics research in the classroom. In M. H. Long and J. C. Richard (eds) Methodology in TESOL: A Book of Reading. New York: Newbury House Publishers, Inc.
Kroma, SK. 1988. Action Research in Teaching Composition. English Teaching Forum.Vol XXVI.
Lindblom, P. 1983. Writing with Confidence. New York : Harper Collins Publisher
Nicholls, John. 1983 Conceptions of Ability and Achievement Motivation: A Theory and Its Implications for Education." Leaming and Motivation in the Classroom.Ed. Scott G. Paris, et al. Hillsdale, NJ: Erlbaum
Oshima, A., & Hague, A. 1997.Introduction to Academic Writing Second Edition. New York: Longman
Richards, J.,and Renandya A.W. 2002.Methodology in Language Teaching. An Anthology of Current Practice.London: Cambridge University Press