Developing the Speaking Skill of Grade XI Students at Madrasah Aliyah Almuhibbah Soulowe Dolo Through Game

  • Erni Erni Universitas Tadulako
Keywords: permainan, mengembangkan, keterampilan berbicara

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui permainan[1]permainan. Tipe penelitian yang digunankan adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan secara kolaboratif dalam dua siklus dalam hal ini peneliti bertindak sebagai pengajar sedangkan kolaboratornya bertindak sebagai pengamat dan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Data penelitian ini diambil dari dua sumber utama, data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan permainan-permainan dapat mengembangkan kemampuan berbicara siswa. Hal itu dapat dilihat melalui skor pencapaian dari 25 siswa, 36 % dari mereka dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal dari wawancara. Pada siklus I, 76% dari 25 siswa dapat memenuhi kriteria ketuntaan minimal. Siklus II, 100% dari 25 siswa dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal. Selanjutnya, skor tertinggi diperoleh siswa dari studi awal adalah 80 sedangkan pada siklus I, 82.5 dan pada siklus II, 90 akan tetapi skor terendah diperoleh siswa pada studi awal adalah 40 sedangkan pada siklus I, 57.5 dan siklus II, 67.5 Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan permainan-permainan dapat mengembangkan kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa.

Author Biography

Erni Erni, Universitas Tadulako

Program Study Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Bailey, K.M. (2005). Practical English Language Teaching Speaking. Boston: McGraw Hill
Bohm, D. (1996). On dialogue. London: Routledge.
Brown, H.D. (1994). Teaching by principles: an interactive approach to language pedagogy. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall Regents.
Burkart, Grace Stovall, (1998). Modules for the professional preparation of teaching assistants in foreign language, Washington, DC
Burns, A., & Joyce, H. (1997). Focus on speaking. Sydney: National Center for English Language Teaching and Research.
Cameron Dynne, (2001). “Teaching Language to Young Learners”CambridgeUnversity Press
Carter, R. & McCarthy, M. (1995).Grammar and spoken language. Applied Linguistics
Cohen, A. (1996). Developing the ability to perform speech acts. Studies in Second Language Acquisition, 18 (2), 253- 267
Harmer, J. (1991).The Practice of English Language Teaching: New York: Longman.
Harmer, J. (2007).How to Teach English. Oxford: Pearson Longman.
Hornby As, (1995). “Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English “OxfordUniversity Press
Kayi, H. (2006). Teaching Speaking: Activities to Promote Speaking in a Second Language
Lewis, G., &Bedson, G. (1999).Games for children. Oxford: Oxford University Press.
Nunan, D. (1989). Understanding Language Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.
Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology. Oxford: Prentice Hall International Ltd.
O'Malley, M., & Pierce, L.V. (1996). "Authentic assessment for English language learners: Practical approaches for teachers." New York: Addison-Wesley Publishing
Richard-Amato, P. A. (1988). Making it happen: Interaction in the second language classroom: From theory to practice. New York: Longman.
Slattery M & Jane Willis, (2001).“English for Primary Teacher ” Oxford UniversityPress.
Sugar, Steve and Kim Kostoroski Sugar.(2002). Primary Games: Experiential Learning Activities for Teaching Children K-8.San Francisco, CA: JohnWiley & Sons, Inc.
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Ur P. (1996).A course in language teaching: Practice and Theory: Cambridge University Press.
Wright, T. (1987).Roles of Teachers & Learners. Oxford: Oxford University Press.
Wright, Andrew, David Betteridge and Michael Buckby.(1994). Games for Language Learning. New Edition.Cambridge: Cambridge UniversityPress
Published
2024-12-05
How to Cite
ErniE. (2024). Developing the Speaking Skill of Grade XI Students at Madrasah Aliyah Almuhibbah Soulowe Dolo Through Game. Bahasantodea, 3(3), 138-145. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/778
Section
Articles