Improving Students’ Reading Comprehension in Mixed-Ability Class of The Seventh Grade SMPN 1 Mepanga Through Think-Aloud Strategy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman bacaan deskriptif bagi siswa kelas VII di SMPN 1 Mepanga melalui strategi think-aloud. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 26 orang. Pada tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil lembar pengamatan, catatan lapangan guru dan tes. Hasil dari lembar pengamatan dan catatan lapangan guru menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi yang tinggi dan aktif berparrtisipasi dalam kegiatan di kelas. Hasil test dari ke dua siklus menunjukkan bahwa think-aloud efektif meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Sebagai bukti ditunjukkan pada siklus pertama bahwa 15 siswa (57.69%) berhasil melalui tes bacaan dan 11 siswa (42.31%) belum berhasil. Terdapat peningkatan hasil yang memuaskan pada siklus kedua dimana 23 siswa (88.46%) dinyatakan berhasil dan hanya 3 siswa (11.54%) yang tidak berhasil mencapai kriteria kesuksesan. Karena 88.46% siswa yang berhasil mencapai kriteria kesuksesan maka disimpulkan bahwa strategi think[1]aloud efektif meningkatkan pemahaman bacaan siswa.
References
Day, R and Bamford,J (1988). Extensive Reading in the Second Language
Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Disciplinary Learning in Secondary and College Classroom. 2nd Edition. San Fransisco
Harmer J.(2002). The practice of English Language Teaching. Longman.
Harris,V. and Snow,D. (2004). Doing it for Themselves: Focus on Learning Strategies and Vocabulary building. London: CILT.
Kemmis Stephen and Mc Taggart R.(1988). The action Research Planner. Third Edition. Victoria: Deakin University.
McKeown,S. (2004). Meeting SEN in the Curriculum: Modern Foreghn Languages. London: David Fulton Publishers..
Nunan, David. (2003). Practical English Language Teaching. Newyork: McGraw-Hill.
Schoenbach, Ruth.et al. (2012).Reading for Understanding: How Reading Apprenticeship Improve
Seyler, Dorothy U. (2004). The Reading Context: Developing College Reading Skills. 3th Edition. New York: Longman.
Snow, C. E (2002). Reading for Understanding: Toward a Research and Development Program in Reading Comprehension. Pitsburgh: RANO.
Someran Marteen W.(1994) The Think-Aloud Method A Practical Guide to Modelling Cognitive Process. Publish by Academic Press, London. Strataegies for K-6 Classroom. 2nd Edition. Winipeg: Portage and Main Press. Tokyo University Press.
Youka, Tateoka. (2005). Self Reading to Peer Reading. Sinagawa