Developing Writing Decriptive Paragraph of the Grade VII Students Of SMP Negeri 15 Palu Through Contextual Teaching and Learning

  • Erik Ruben Universitas Tadulako
Keywords: keterampilan menulis, paragraf Deskriptif, pengajaran dan pembelajaran kontekstual

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan keterampilan menulis paragraph deskriptif siswa kelas VII A pada SMP Negeri 15 Palu melalui Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 15 Palu. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, obeseravsi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Untuk setiap pertemuan dalam proses belajar mengajar terdiri dari tiga tahapan yakni: kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Pertemuan pertama dan kedua difokuskan pada penjelasan materi paragraf deskriptif dan pertemuan ketiga difokuskan pada evaluasi. Data penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi, lembar catatan dan test. Pembelajaran begitu menyenangkan karena siswa dapat menjelaskan benda yang ada disekitar mereka. Hasil test indidvidu pada siklus 1 adalah sebanyak 19 siswa mencapai kriteria ketuntasan atau presentasi ketuntasan sebesar 54,28%. Pada siklus 2 sebanyak 27 siswa mencapai kriteria ketuntasan. Persentasi ketuntasan mencapai 77,14%. Nilai rata-rata keseluruhan adalah 75,42. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dan pengajaran kontekstual efektif untuk mengembangkan menulis paragraf deskriptif siswa.

Author Biography

Erik Ruben, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Berns, R. G., & Erickson, P. M. 2001. Contextual teaching and learning: Preparing Students for the New Economy. Columbus, OH: National Dissemination Centre or Career and Technical Education. www.nccte.com. (Oct, 15t, 2014).
Craword L.M .2001. Teaching Contextually. Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievement in Mathematics and Science. CORD. CcI.Publishing com. Texas. http://www.cord.org/uploadedfiles/Tea ching%2520Contextually%2520(Crawf ord) .pdf. (Oct, 15t, 2014).
Glynn.S.M.2004. Contextual Teaching and Learning of Science in Elementary Schools. Journal of Elementary Science Education, Vol. 16, No. 2 (Fall 2004), pp. 51-63. ©2004 Department of Curriculum and Instruction, College of Education and Human Services, Western Illinois University
Harmer.J. 1981. How to teach English, Addison Wesley Longman Limited. England
Johnson, B. E. 2002. Contextual teaching and learning: why it is and why it is here to stay. California: Sage Publications Ltd.
Kemmis,S and Mc.Tagart,R.1988. The Action Research Planner. (Third Edition) Deaken University Press, Victoria
Latief, M.A. 2013. Research Methods on Language Learning. Malang. UNM
Priyana J, dkk. 2008. SCAFFOLDING. English for Junior High school Students. Grade VII- semester 2. Depdiknas Jakarta
Rivers, W.M. 1981. Teaching Foreign – Language Skills. Second Edition. Chicago: The university of Chicago Press.
Uga CTL Project. 2011. Contextual Teaching and Learning. University of Georgia. http://jwilson.coe.uga.edu/ctl/ctl/intro/c tl_is.html. (Oct, 15t, 2014).
Ur.P.1991. A Course in Language Teaching. Practice and Theory. Cambridge University Press
Wyrick,J .1984. Steps to Writing Well. A concise Guide to Composition. Second Edition. Colorado State University
Published
2024-12-05
How to Cite
RubenE. (2024). Developing Writing Decriptive Paragraph of the Grade VII Students Of SMP Negeri 15 Palu Through Contextual Teaching and Learning. Bahasantodea, 3(3), 119-127. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/776
Section
Articles