Developing Speaking Skill of Grade XI Students at SMAN 6 Palu Through Class Interaction

  • Dian Anggraini Universitas Tadulako
Keywords: Mengembangkan, Keterampilan Berbicara, Interaksi Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa melalui Teknik Interaksi Kelas. Penelitian ini difokuskan pada aspek kelancaran. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas XI pada SMAN 6 Palu. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dirancang berbentuk spiral yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat pertemuan. Data diperoleh dari lembar pengamatan, catatan lapangan, dan tes. Adapun kriteria keberhasilan penelitian ini adalah 75% siswa harus memperoleh nilai minimal 75 secara individu. Hasil tes pada siklus 1 menunjukkan 55% atau 11 siswa berhasil, sementara 45% atau 9 siswa belum berhasil (gagal). Sedangkan hasil tes pada siklus 2 menunjukkan 80% atau 16 siswa berhasil dan 20% atau 4 siswa belum berhasil (gagal). Maka, Teknik Interaksi Kelas efektif untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa.

Author Biography

Dian Anggraini, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Hui, Li. 2011. Improving Students’ English Speaking Skill through Content-based Instruction (A ClassroomAction Research in the Second Grade Students of Business English Department of CvS & TC, China in the Academy Year 2010/2011). Thesis. Sebelas Maret University, Surakarta.
Kemmis, Stephen and McTaggart, Robin. 1988. The Action Research Planner. 3 rd Edition. Deakin University Press.
Kim, Ng-Hak. 2011. Suggested Ways to create a Rich English Language Environment for Students. Ministry of Education, Bureau.
Nurchamid, Mohammad . Said, Amiruddin Umar. Rantenai, Tasrip. Kadir, Haldun. Taumbung, Ahmad, Sulistyono, Endro, Mutia, Andy and Anggraini, Dian. 2014. Kurikulum Pendidikan Tahun Ajaran 2014/2015. SMA Negeri 6 Palu.
Nurkasih. 2008. Communicative Group Technique. English Education Department. Sebelas Maret University Press, Surakarta.
Oxford, Rebecca. 1999. Anxiety and the Language Learners: Affect in Language Learning (p. 58-67). Cambridge university Press.
Papaja, Katarzyna. 2011. Analyzing Types of Classroom Interaction in CLIL. a study on interaction in a Content and Language Integrated Learning classroom. Glattodidactica XXXVIII. Adam Mickiewicz University Press Poznan. Uniwersytet Śląski w Katowicach.
Seidlitz, John and Perryman, Bill. 2013. Seven Steps to a Language-Rich Interactive Classroom. 1st Edition. Canter Press
Tsipkilades, Lavokos and Keramida, Areti. 2010. Promoting Possitive Attitudes in ESL/EFL Classes. The Internet TESL Journal. In http://itestj.org/ techniques/Tsipkilades.possitiveattitude s.html. Accessed on March 7th 2014.
Yusuf, Hussain. 2006. Pengolahan dan Analisis Data Hasil Penelitian Tindakan Kelas. STKIP, Gorontalo
Published
2024-12-05
How to Cite
AnggrainiD. (2024). Developing Speaking Skill of Grade XI Students at SMAN 6 Palu Through Class Interaction. Bahasantodea, 3(3), 111-118. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/775
Section
Articles