Improving Speaking Skill of Grade X Students of SMAN 2 Palu Through Information Gap Activity

  • Mirna Magdalena Miting Universitas Tadulako
Keywords: meningkatkan, , kemampuan berbicara, melengkapi informasi

Abstract

Penelitian ini di rancang sebagai penelitian tindakan kelas yang di laksanakan secara kolaboratif dalam rencana pembelajaran, mengimplementasikan tindakan, mengamati efek tindakan, dan merefleksi hasil tindakan. Penelitian ini di laksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Kegiatan melengkapi informasi di terapkan sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris. Subjek penelitian adalah 36 siswa kelas sepuluh di SMAN 2 Palu. Untuk mengukur kemampuan siswa dalam berbahasa inggris, tes berbicara di lakukan. Hasil siklus 1 menunjukkan bahwa 17 siswa atau 47% dinyatakan lulus dan 19 siswa atau 53% dinyatakan gagal. Rencana diubah pada siklus 2. Kemudian, hasilnya meningkat menjadi 29 siswa atau 80% dinyatakan lulus dan 7 siswa atau 20% dinyatakan gagal. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan kegiatan melengkapi informasi memberikan solusi terhadap masalah siswa dalam bahasa inggris.

Author Biography

Mirna Magdalena Miting, Universitas Tadulako

Pendidikan Bahasa Inggris

References

Arends, R. (2004).Learning to Teach. Seventh Edition. New York: McGraw Hill
Bailey, Kathleen. (2005). Issue in Teaching Speaking Skill to Adult ESOL Learners, NCSALL Journal Vol. 6 Published by LawrenceErlbaum Associates, Inc. (Online), (http://ncsall.net/fileadmin/resources/an nrev/comi ngsch5, retrieved 3 March 2008).
Best, J.W. (1981) Research In Education. New Jersey: Englewood Cliffs.
Byrne, D. (1976). Teaching Oral English. London: Longman Handsbooks for English Teacher. Singapore: LongmanGroup, 1986.
Cohen, L., Manion, L., and Morriso, K. (2005). Research Methods in Education (Fifth edition). London and New York: Library of Congress Cataloguing in Publication Data
David B. Guralnik, Webster New World Dictionary of The American Language, p. 251
Finnocchiaro, M and Brumfit C (1983). The Functional Notional Approach: From theory to practice. New york : Oxford University Press.
Harmer, J. 2007. How to Teach English. Harlow. Essex Pearson Longman ELT.
Harmer, J. (2003). An Introduction to the Practice of English Language Teaching. England: Longman.
Jonathan. J (2013). Learn English Teens. British council. Retrieved from http://learnenglishteens.britishcouncil.o rg/exams/speaking-exams/fluency on Oktober 18th 2014
Published
2024-12-05
How to Cite
MitingM. (2024). Improving Speaking Skill of Grade X Students of SMAN 2 Palu Through Information Gap Activity. Bahasantodea, 3(3), 93-99. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/773
Section
Articles