TheTujuan dari penelitian ini ad Impact of GQS (Generating Question Strategy) Towards Students’ Reading Comprehension Achievement on English Subject at SMPN 1 Bunta
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi menghasilkan/membuat pertanyaan terhadap pencapain pemahamanbacaan siswa pada pelajaran bahasa inggris. Penelitian ini mengaplikasikan metode penelitian quasi eksperimental dengan desain control grup non-equivalent. Populasi dari penelitian ini berjumlah 134 siswa kelas IX di SMPN 1 Bunta yang tersebar di 6 kelas paralel. Sampel dari penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yang mana terdapat 2 kelas yang dipilih secara sengaja sebagai kelompok experimen dan kelompok kontrol. Kelas IX A sebagai kelompok eksperimen sedang kelas IX E sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini berlangsung selama sepuluh pertemuan. Data dikumpulkan melalui test. Pre dan post test. Data juga dianalisa dengan mengaplikasikan formula t test. Berdasarkan analisa data, hasil dari data ini mengindikasikan bahwa pengaplikasian strategi menghasilkan/membuat pertanyaan telah mengatasi permasalahan siswa. Setelah dianalisa, hasil dari t-hitung adalah 4.391. Dengan derajat kebebasan 40, dan tingkat signifikansi 0,05, nilai dari t-tabel adalah 1.683. Oleh karena itu, nilai dari t-hitung lebih tinggi dari t-tabel. Itu artinya, hipotesa dari penelitian ini dapat diterima. Terbukti bahwa strategi menghasilkan/membuat pertanyaan memiliki pengaruh terhadap pencapaian pemahaman bacaan siswa pada pelajaran bahasa Inggris di SMPN 1 Bunta dan dapat menyelesaikan semua masalah siswa dalam memahami bacaan teks narasi.
References
Blair, S. (1982). Mastering English Language. Hongkong: The Macmillan Press Ltd.
Chang, P. A Pilot Study of Technique on Skills in Testing Reading Comprehension.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Method in education: 5th edition. London: Routledge Falmer.
Dagostino, L., Carifio, J., Bauer, J.D.C., & Zhao, Q. (2013). Cross-Cultural Reading Comprehension Assessment in Malay and English as it Relates to the Dagostino-Carifio Model of Reading Comprehension. Volume 16, Number 1 ISSN 1099-839X.
Day, R. R., & Park, J. S. Developing Reading Comprehension Question. Reading in Foreign Language, Volume 17, No. 1 ISSN 1539-0578.
Edwards, Jr.(1972). Reading by All Means, Reading Improvement Strategies for English Language Learners. Addision Wesley: Publshing Company, Inc.
Garcia, G. E., & Pearson, P. D. (1990). Modifying reading instruction to maximize its effectiveness for all students (Tech. Rep. No. 489). Champaign, IL: University of Illinois, Center for the Study of Reading.
Goldenberg, C. (1993). Instructional Conersations: Promoting Reading Comprehension through Discussion Reading Teacher. En.wikipedia.org/wiki/reading comprehension. Retrieved March, 9th 2014.
Harris, M. (2003). Oppurtunities Elementary. Harlow: Pearson Education Limited.
Hollingsworth, A. (2007). Increasing Reading Comprehension through Cooperative Learning. Chicago: Illinois.
Pakhare, J. (2007). Effective Teaching: Reading Comprehension Strategies. http://www.Buzzle.com/articles/effecti veteachingreading.comprehension.strat egies.htm Retrieved March, 10th 2014.
Palincsar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal teaching of comprehension fostering and comprehension monitoring activities. Cognition and Instruction, 2, 117-175.
Rosenshine, B., Meister, C., & Chapman, S. (1996). Teaching students to generatequestions: A review of the intervention studies. Review of Educational Research, 66, 181-221.
Rus, V. and A. Graesser. Proceedings of the Workshop on the Question Generation Shared Task and Evaluation Challenge, http://www.questiongeneration.org/. 2008. NSF, Arlington, VA.
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: alfabeta
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: alfabeta