TheTujuan dari penelitian ini ad Impact of GQS (Generating Question Strategy) Towards Students’ Reading Comprehension Achievement on English Subject at SMPN 1 Bunta

  • Abdul Rabbi Arrasul Universitas Tadulako
Keywords: Pengaruh, Pemahaman Bacaan, Pencapaian dan Strategi Menghasilkan/Membuat Pertanyaan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi menghasilkan/membuat pertanyaan terhadap pencapain pemahamanbacaan siswa pada pelajaran bahasa inggris. Penelitian ini mengaplikasikan metode penelitian quasi eksperimental dengan desain control grup non-equivalent. Populasi dari penelitian ini berjumlah 134 siswa kelas IX di SMPN 1 Bunta yang tersebar di 6 kelas paralel. Sampel dari penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yang mana terdapat 2 kelas yang dipilih secara sengaja sebagai kelompok experimen dan kelompok kontrol. Kelas IX A sebagai kelompok eksperimen sedang kelas IX E sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini berlangsung selama sepuluh pertemuan. Data dikumpulkan melalui test. Pre dan post test. Data juga dianalisa dengan mengaplikasikan formula t test. Berdasarkan analisa data, hasil dari data ini mengindikasikan bahwa pengaplikasian strategi menghasilkan/membuat pertanyaan telah mengatasi permasalahan siswa. Setelah dianalisa, hasil dari t-hitung adalah 4.391. Dengan derajat kebebasan 40, dan tingkat signifikansi 0,05, nilai dari t-tabel adalah 1.683. Oleh karena itu, nilai dari t-hitung lebih tinggi dari t-tabel. Itu artinya, hipotesa dari penelitian ini dapat diterima. Terbukti bahwa strategi menghasilkan/membuat pertanyaan memiliki pengaruh terhadap pencapaian pemahaman bacaan siswa pada pelajaran bahasa Inggris di SMPN 1 Bunta dan dapat menyelesaikan semua masalah siswa dalam memahami bacaan teks narasi.

Author Biography

Abdul Rabbi Arrasul, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Belanich, J., Wisher, R. A., & Orvis, K. L. (2005). Using a question generation approach to improve web basedcollaborative learning. Retrieved June 8, 2010, from: http://www.uwex.edu/disted/Resource/ conference_library/proceedings/03_51. pdf
Blair, S. (1982). Mastering English Language. Hongkong: The Macmillan Press Ltd.
Chang, P. A Pilot Study of Technique on Skills in Testing Reading Comprehension.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2007). Research Method in education: 5th edition. London: Routledge Falmer.
Dagostino, L., Carifio, J., Bauer, J.D.C., & Zhao, Q. (2013). Cross-Cultural Reading Comprehension Assessment in Malay and English as it Relates to the Dagostino-Carifio Model of Reading Comprehension. Volume 16, Number 1 ISSN 1099-839X.
Day, R. R., & Park, J. S. Developing Reading Comprehension Question. Reading in Foreign Language, Volume 17, No. 1 ISSN 1539-0578.
Edwards, Jr.(1972). Reading by All Means, Reading Improvement Strategies for English Language Learners. Addision Wesley: Publshing Company, Inc.
Garcia, G. E., & Pearson, P. D. (1990). Modifying reading instruction to maximize its effectiveness for all students (Tech. Rep. No. 489). Champaign, IL: University of Illinois, Center for the Study of Reading.
Goldenberg, C. (1993). Instructional Conersations: Promoting Reading Comprehension through Discussion Reading Teacher. En.wikipedia.org/wiki/reading comprehension. Retrieved March, 9th 2014.
Harris, M. (2003). Oppurtunities Elementary. Harlow: Pearson Education Limited.
Hollingsworth, A. (2007). Increasing Reading Comprehension through Cooperative Learning. Chicago: Illinois.
Pakhare, J. (2007). Effective Teaching: Reading Comprehension Strategies. http://www.Buzzle.com/articles/effecti veteachingreading.comprehension.strat egies.htm Retrieved March, 10th 2014.
Palincsar, A. S., & Brown, A. L. (1984). Reciprocal teaching of comprehension fostering and comprehension monitoring activities. Cognition and Instruction, 2, 117-175.
Rosenshine, B., Meister, C., & Chapman, S. (1996). Teaching students to generatequestions: A review of the intervention studies. Review of Educational Research, 66, 181-221.
Rus, V. and A. Graesser. Proceedings of the Workshop on the Question Generation Shared Task and Evaluation Challenge, http://www.questiongeneration.org/. 2008. NSF, Arlington, VA.
Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: alfabeta
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: alfabeta
Published
2024-12-05
How to Cite
ArrasulA. (2024). TheTujuan dari penelitian ini ad Impact of GQS (Generating Question Strategy) Towards Students’ Reading Comprehension Achievement on English Subject at SMPN 1 Bunta. Bahasantodea, 3(3), 62-71. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/770
Section
Articles