Increasing Vocabulary of Grade V Pupils of SDN Pengawu Palu Through Word Association Technique

  • Noflin A.S Madarayu Universitas Tadulako
Keywords: kosakata, kata, asosiasi, tehnik

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif dan bertujuan untuk mengamati proses keefektifan pembelajaran kosakata dengan menggunakan assosiasi dalam pengajaran kosakata jenis kata benda, kata sifat, dan kata kerja. Subyek penelitian ini berjumlah 30 murid kelas lima SDN Pengawu Palu tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan selama 2 (dua) siklus dan masing- masing siklus mengikuti prosedur penelitian tindakan kelas: perencanaan, implementasi, observasi dan refleksi. Setiap siklus dilakukan selama empat kali pertemuan dan pertemuan terakhir di gunkan untuk evaluasi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrument lembar observasi dan tes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuantitatif dan qualitative. Berdasarkan hasil analisis, prestasi dalam penguasaan kosakata meningkat dari perolehan nilai rata-rata klasikal 64,2 pada siklus I menjadi 88,8 pada siklus 2. Jumlah murid yang meraih KKM (65) meningkat dari 15 murid (50%) pada siklus 1 menjadi 28 murid (93,3%) pada siklus 2. Ini artinya perolehan nilai murid meningkat menjadi 65 (93,3) mempunyai kesuksesan 75 %. Hal ini mengindikasikan bahwa implementasi tindakan melalui assosiasi dapat menyelesaikan terhadap permasalahan kosakata bahasa inggris siswa.

Author Biography

Noflin A.S Madarayu, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Bahasa Inggris

References

Allen, French Virginia. (1983) Techniques in Teaching Vocabulary. New York Oxford University Press.
Arikunto, S. (1984). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara, Jakarta.
Bailey, K. M. (2005). .New Ways n Teaching Speaking. Mc Grow Hill, Boston.
Bernard, S. C (1987) Teaching English as a Foreign Language. Ltd, London.
BSNP, (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23, Tahun 2006 Tentang standar Kompetensi Lulusan. BSNP, Jakarta.
Corcoran, (1970). Cororan – Minnesota.oxl.com ((retried from internet)
Depdiknas. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi Untuk Pelajaran Bahasa Inggris SD, Jakarta
Enong Azimar, D. (1980). Tata Bahasa Inggris Modern Dalam Tanya Jawab (Jakarta:Cu.Miswar
Fisher, C. J. and Terry C. A. (1997). Children’s Language and The Language arts.
Harahap, Nasrun. (1992). Tehnik Penilaian hasil Belajar. Bulan Bintang, Jakarta.
Harmer, J. (1991). The Practice of English Language Teaching. Longman Group UK Limited, London
Heaton, J. B. (1989). Writing English Language Tests. New Edition. United Kingdom:Logman
Hornby, AS (1995). Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford University Press, Oxford.
Hundson, G. (2000). Essential Introductory Linguistics. Blackweell.
Irmawati, (2009). How to Teach Vocabulary through Association. http://massofa. Wordpress.com (2014/12/20).
Joan, P. Gipe, (2015). Teaching Vocabulary through Familiar Association and Contexts. The Journal of Reading Behavior . Volume XI No.3, 2015
Kemmis and Mc.Taggart. (1988).The Action Research Planner. Third Edition. Deakin University. Victoria Australia.
Leny, (2009). Teaching Vocabulary for Kindergarten through Picture. Unpublished Magister Thesis Proposal. Postgraduate Tadulako University.
Lyons, J. (1971). New Horizon in Linguistics. Penguin Books Ltd. SidneyMcCarthy and Fecility. 2001. English vocabulary in use. Erlangga. Jakarta.
MC Carthy, (2001). English Vocabulary in Use, Elementary. Cambridge: Cambridge University Press
Napa, P.A. (1991). Vocabulary Development Skills. Fisrt Edition, Kanisius. Yogyakarta.
Nationa, I. S. (2001). Learning Vocabulary in another Language. Cambridge University Press, Cambridge.
Nunan, D. (1991). Language Teaching Methodology. National Centre for English Language Teaching and Research. Macquarie University, Sydney
Page and Thomas (1976) The Functional National Approach from Theory to Practice. Oxford University Press, Oxford.
Paul Richard Kuehn volume X1 No.3. Teaching Vocabulary through word Associtions and Contexts. Journal of Reading Behaviour
Rivers, W. M. (1981). Teaching Foreign Language Skill. (2 edition). Chicago: The University of Chicago Press. Second edition Mc.Graw Hill New York
Soenardji, (1988). Sendi- Sendi Linguistika Bagi Kepentingan Pengajaran Bahasa, Jakarta.
Sukmin, (2004). Word Games to increase the Vocabulary of the third Year Students of English Language Education State University of Malang.
Triyani Gersia, (2012). Improving Vocabulary of VII grade of SMP Negeri 19 Palu through mind mapping. English Language Education State University of Tadulako
Wallace,Michael, J. (1982). Teaching Vocabulary. Practical Language Teaching; Heinemann Education Books Ltd 22 Bedford Square, London
Published
2024-12-05
How to Cite
MadarayuN. (2024). Increasing Vocabulary of Grade V Pupils of SDN Pengawu Palu Through Word Association Technique. Bahasantodea, 3(3), 31-41. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/767
Section
Articles