Folktale In Use of Contextual Teaching and Learning to Improve Vocabulary Mastery of Grade VIII Students at MTS Negeri Taipa

  • Finisca Roya Universitas Tadulako
Keywords: Penguasaan Kosakata, Pengajaran, Pembelajaran Kontekstual, Pengunaan Cerita Rakyat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbaikan penguasaan kosakata siswa kelas VIII pada MTs Negeri Taipa melalui cerita rakyat dalam penggunaan pengajaran dan pembelajaran kontekstual. Ini adalah penelitian pra-eksperimental. Sampelnya dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, di mana peneliti sengaja memilih siswa kelas VIII A MTs Negeri Taipa. Datanya dikumpulkan melalui tes yang dibagi kedalam pre-test dan post-test. Berdasarkan hasilnya peneliti menemukan bahwa t-hitung adalah 7,98. Dengan menerapkan 0.05 tingkat signifikansi dan 28 derajat kebebasan (df), t-tabel adalah 1,701. Ini menunjukkan bahwa nilai t-hitung lebih tinggi dari t-tabel. Ini berarti bahwa hipotesis penelitian diterima. Dengan kata lain, penguasaan kosakata siswa itu kelas VIII MTs Negeri Taipa dapat diperbaiki melalui Teks Cerita Rakyat dalam penggunaan pengajaran dan pembelajaran kontekstual .

Author Biography

Finisca Roya, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Behrman. Carol H. 2003. Writing Proficiency Lesson and Activities. United State
Best, J. W., 1981, Research in Education, New Jersey: Englewood Cliffs.
Bram, B. 1995. Write Well Improving Skills (First Edition). Yogyakarta: Kanisius
Cameron, Lynne. 2001. Teaching language to Young Learners, Fifth Edition, Cambridge Univercity Press, Cambridge.
Csabay, N.1996. English Teaching Forum. Washington: United States Department of State for teacher of English.
Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Standar Kompetensi Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah, Jakarta.
Evison, Alan, 2005. Oxford Learner’s Pocket Dictionary (New Edition). London: Oxford University Press.
Frank, M. 1978, Modern English: A Practical Reference Guide. New Jersey: Prentice Hall.
Frazee, M. and Rudnitski 1995, Intregated Teaching Method: Theory Classroom Aplication and Filed-Based Connections. Delmar Publisher, Antonio: Texas State of New York Colleague at New Paltz.
Harjono, S., 1988, Psikologi Belajar Mengajar Bahasa Asing, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Hubbard, P. 1983, A Training Course for TEFL, University Press Oxford, Oxford.
Leeper, S. H., Witherspoon, R.L., and Day, B., 1984, Good Schools for Young Children, 5 th ed New York: Macmillan Publish Company
Marjuni, A.G.H., at. All, 1980, Cerita Rakyat Daerah Sulawesi Tengah, Jakarta: Departemen Pendidikan & Kebudayaan
Mary, S.C., 1983, Monalisa, Is That You? Lousiana Folktale Miscellany S. No. 3:27-30. www.armour.k12.sd.us/mary’s%20cla sses/literary terms glossary.htm.
Richards, J.C., 2001, Curriculum Development in Language Teaching, Cambridge.
Saville and Troike, 1997, Foundation for Teachers English as a second Language, New York: prentice hall
Published
2024-12-04
How to Cite
RoyaF. (2024). Folktale In Use of Contextual Teaching and Learning to Improve Vocabulary Mastery of Grade VIII Students at MTS Negeri Taipa. Bahasantodea, 3(2), 67-74. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/754
Section
Articles