Implementation of Classroom Grouping in Teaching of Writing Skill to Grade XI Students Of Man 2 Model Palu

  • Fatima Fatima Universitas Tadulako
Keywords: Implementasi, Pengelompokan Kelas, Pengajaran, Keterampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyajikan gambaran yang jelas tentang implementasi pengelompokan kelas pada pengajaran keterampilan menulis. Lebih spesifik, penelitian ini untuk memaparkan implementasi kerja kelompok dan pengaruhnya terhadap pencapaian siswa dalam pengajaran keterampilan menulis di MAN 2 Model Palu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampelnya adalah 1 guru bahasa Inggris MAN 2 Model Palu dan 19 siswa kelas XI Religion 2. Datanya diperoleh dari kuisioner, wawancara, lembar pengamatan, dokumentasi, dan rekaman. Analisis data merupakan proses yang berkesinambungan untuk mengantisipasi adanya data yang berlebihan. Hasilnya menunjukkan bahwa guru menerapkan kerja kelompok dengan semestinya dan inovatif. Siswa mendapat nilai lebih tinggi ketika mereka menulis dalam kelompok daripada secara individu. Jadi, implementasi pengelompokan kelas dalam pengajaran keterampilan menulis memiliki pengaruh positif terhadap keberhasilan pencapaian nilai keterampilan menulis siswa.

Author Biography

Fatima Fatima, Universitas Tadulako

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris

References

Alwasilah, A.C. & Alwasilah, S.S. (2005). Pokoknya Menulis: Cara Baru Menulis dengan Metode Kolaborasi. Bandung: Kiblat Buku Utama.
Brown, D. 2001. Teaching by Principles: an interactive approach to language pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Calderon, M. 2010. Effective Classroom Management.
Commonwealth of Learning. 2012. Open Resources for English Language Teaching: Module 4 – Effective Writing. British, Columbia, Canada: Commonwealth of Learning.
Creswell, J. W. 2003. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. 2 nd ed. California: Sage Publications, Inc.
Cross, D. 1992. A Practical Handbook of Language Teaching. Prentice Hall
Harmer, J. 2003. An introduction to the Practice of English Language Teaching. Edinburgh: Pearson Education Limited.
Hartley, J. 2008. Academic Writing and Publishing: A Practical Handbook. New York: Routledge.
Hill, B. M. 2003. Collaborative Literary Creation and Control: A Socio Historic, Technological and Legal Analysis. Hampshire College.
Jones, L. 2007. The Student Centered Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.
Key, J. P. 1997. Research Design in Occupational Education. Oklahoma: Oklahoma State University.
Meyers, A. (2005). Gateway to Academic Writing. New York: Pearson Education, Inc.
Miles, M. & Huberman, M. 1994. Qualitative Data analysis: an Expanded Sourcebook. 2nd Ed. Newbury Park: Sage Publications.
Mulligan, C. & Garofalo, R. 2011. A Collaborative Writing Approach: Methodology and Student Assessment. Tokyo: Ritsumeikan University.
Murcia, M.C. & Olshtain, E. (2000). Discourse and Context in Language Teaching. London: Cambridge University Press.
Published
2024-12-04
How to Cite
FatimaF. (2024). Implementation of Classroom Grouping in Teaching of Writing Skill to Grade XI Students Of Man 2 Model Palu. Bahasantodea, 3(2), 59-66. Retrieved from http://jurnal.pasca.untad.ac.id/index.php/bahasantodea/article/view/753
Section
Articles