Developing Speaking Skill of Grade XI Students at SMAN 5 Palu Through Two Stay Two Stray Technique
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan berbicara melalui teknik dua tinggal dua bertamu. Penelitian ini adalah quasi-experimental non-equivalent kontrol grup desain. Populasinya adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Palu. Kelas eksperimental terdiri dari 30 siswa dan kelas kontrol terdiri dari 30 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam enam kali pertemuan. Variabelnya adalah keterampilan berbicara dan teknik dua tinggal dua (pergi ) bertamu. Sampelnya adalah siswa kelas XI IPA III dan XI IPA IV, dipilih melalui teknik pengambilan sampel purposif. Hasilnya menandakan bahwa penerapan teknik dua tinggal dua bertamu telah mengatasi masalah pada siswa. Setelah menganalisis data, hasil t-hitung adalah 3.3. Dengan aplikasi df 58 (30+30-2), dan taraf signifikan 0.05, nilai t-table adalah 2.00, maka nilai t-hitung lebih besar dari pada nilai t-tabel. Hal ini berarti bahwa hipotesis dari penelitian ini diterima. Jadi, teknik dua tinggal dua bertamu dapat diterapkan untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa pada kelas XI SMA Negeri 5 Palu.
References
Bryne, D. 1976.Teaching Oral English. London. Longman. Print.
Harmer, J. 2007. How to Teach English. Harlow. Essex Pearson Longman ELT.
Harmer, J. (2003). An Introduction to the Practice of English Language Teaching. England: Longman.
Huda, 140:2011. Cooperative Learning, Metode, Teknik,Struktur, dan Model Penerapan. Celaban Timur. Yogyakarta. Penerbit Pustaka Pelajar 2011.
Kagan.S. 1992.Cooperative Learning Resoures for Teachers. San Juan Capistrano. CA Kagan Cooperative Learning 1992.
Knight 1992. Assessing Speaking Skills: a workshop for teacher development. ELT Journal Volume 46/3 July 1992. Oxford University Press 1992.
Lackman, K. 2010. Teaching Sub-Skill: Activities for Improving Speaking Skill. Ken Lackman and Associates. Educational Consultant.
Louma. 2004. Assesing Speaking. Cambridge University Press.
Novandi, M. S 2012. Two Stay Two Stray Method in Mastering Students’ Speaking Ability Conducted to the Students of Class VI A of English Department of Gorontalo State University in the Academic Year of 2010/2011.Retrived fromhttp://eprints.ung.ac.id/view/creat ors/_NOVANDI=3A_=09MOH=2E_S etia Novandi=3A=3A.html.
Purniati.2014. Improving Students’ Reading Comprehension in Recount Text through TwoStayTwoStrayTechnique.Retrivedf romhttps://www.google.com/search?n ewwindow=1&q=purniati+thesis+two +stay+two+stray&oq=purniati+thesis +two+stay+two+stray&gs.
Sianipar, Dita M. 2014. Improving Students’ Achievement in Speaking through Two Stay Two Stray Strategy. Retrieved from +stay+two+stray&gs
Thornbury, S. 2005. How to Teach Speaking. New York: Longman
Toni 2012. Overall Motivation and Promotion of EFL Learners’ Oral Proficiency. Islamic Azad University, Science and Research Branch, Tehran, Iran. Academy Publisher Manufactured in Findland.
Yuliza. M. 2014. The Effect of Using Two Stay Two Stray Technique towards the Students’ Achievement on Speaking Ability. Retrieved from http://www.e journal.pendidikan-bhs inggris.s1.ummy solok.ac.id/index.php/jurnal-3