Improving Students’ Listening Comprehension of SMA Negeri 2 Luwuk Through Adapting Dictogloss
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengkaji tingkat pemahaman siswa dalam menyimak melalui adaptasi Dictogloss dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dengan melibatkan 31 orang siswa SMA sebagai subjek penelitian. Di setiap pertemuan, proses pembelajaran terdiri dari 4 tahap yaitu: preparation, dictation, discussion, dan analysis and correction. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan dan kuesioner, dan data kuanitatif diperoleh dari evaluasi 1 dan evaluasi 2. Setelah implementasi teknik Dictogloss, diperoleh data dari siklus 1, skor rata-rata 78,06, mencapai KKM, namun persentase keberhasilan siswa tidak mencukupi, 58,06%. Setelah melakukan refleksi kegiatan, peneliti merevisi perencanaan pembelajaran berdasarkan pada tiga aspek yaitu persiapan, alokasi waktu, dan tindakan. Pada siklus 2 diperoleh skor rata-rata 89,68, dan persentasi keberhasilan siswa 96,77%. Kedua perolehan tersebut telah memenuhi prasyarat kesuksesan dari penelitian ini. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa teknik Dictogloss efektif dalam meningkatkan tingkat pemahaman menyimak siswa, kosakata, pengucapan, dan juga minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
References
Celce-Murcia, M. 1991. Teaching English As A Second Or Foreign LanguageSecond Edition Heinle&Heinle Publishers. Boston: Massachusetts.
Filliana, Tarrra. 2009. “Spot The Dictogloss Sebagai Alternatif Kegiatan Untuk Pembelajaran Listening PadaSekolah Yang TidakMemelikiLaboratorium Bahasa”. [online] http:// teachink7.blogspot.com/2009/05/spot dictogloss-sebagai-alternatif html. (Retrieved January 14, 2013)
Jacobs, G. and Small, J. 2003. “Combining Dictogloss and Cooperative Learning to Promote Language Learning”. The Reading Matrix. Vol.3.No.1.
Luo, Chumpin. 2008. “An Action Research Plan for Developing and Implementing The Student’s Listening Comprehension”. Journal of English Language Teaching.www.ccsenet.org/journal. html (Retrieved January 12, 2013)
Manda, M.L.1998. Dictogloss Its Effect on the Learner’s Proficiency in English as a Foreign Language. Ujung Pandang: Hasanuddin University.
Rivers, W.M. 1981. Teaching Foreign Language Skills. London: The University of Chicago Press.
Rixon, S. 1986. Developing Listening Skill. London: Macmillan Publisher Limited.
Rubin, R. B. 1983. Improving Speaking and Listening Skills. San Fransisco: Jossey Bass Inc. Publisher.
Ur, Penny. 2010. Teaching Listening Comprehension. New Delhi: Cambridge University Press India Pvt. Ltd.
Wajnryb, R. 1990. Grammar Dictation. Oxford: Oxford University Press.